Kisah Orang Terkaya: Ma Huateng, Orang Terkaya No 1 di China

Kisah Orang Terkaya: Ma Huateng, Orang Terkaya No 1 di China Kredit Foto: Reuters/Bobby Yip

Pendiri raksasa teknologi China, Tencent adalah Ma Huateng. Ma Huateng menjadi orang terkaya di China berkat Tencent yang merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Ma Huateng lahir di Badagang, Guangdong (sekarang Kota Dongfang), China, pada tanggal 29 Oktober 1971. Ayahnya, Ma Chenshu, pindah ke Shenzhen untuk bekerja sebagai manajer pelabuhan ketika Huateng masih sangat muda. Ma menyelesaikan sekolahnya yang tersisa dari sana dan menemukan minat dalam teknologi komputer.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Jack Ma, Pendiri Alibaba Berharta Rp700 T

Ma mendaftar di Universitas Shenzhen pada tahun 1989. Ia belajar ilmu komputer dan lulus dengan gelar BS pada tahun 1993. Setelah lulus kuliah, Ma mulai bekerja di perusahaan telekomunikasi bernama Development Pengembangan Gerak Telekomunikasi China (CMTD).

Bersamaan dengan itu, ia juga terus bermain-main dengan ide memulai perusahaannya sendiri dan menghubungi empat teman sekelasnya di perguruan tinggi untuk mewujudkan impian bisnisnya.

Pada 1998, Ma Huateng bergabung dengan empat temannya dan meletakkan fondasi perusahaan Tencent dana awal untuk yang datang melalui pemodal ventura. Ketika ia berpikir untuk meluncurkan produk pertama, Ma ingat menghadiri sebuah acara di mana ICQ, service layanan pesan instan pertama di dunia, diluncurkan.

Gagasan itu tersangkut di kepala Ma, dan dia berpikir untuk meluncurkan sesuatu yang serupa untuk pasar China.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini