Pemerintah Belum Putuskan Pembukaan Bandara Wamena karena...

Pemerintah Belum Putuskan Pembukaan Bandara Wamena karena... Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua belum memutuskan kapan Bandara Wamena akan dibuka untuk penerbangan penumpang masuk. Bandara Wamena ditutup selama 14 hari akibat melonjaknya kasus Covid-19 di daerah itu.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan penutupan bandara disebabkan karena pasien Covid-19 bertambah dan hingga kini masih ada pasien yang dirawat, sehingga bisa saja penutupan bandara diperpanjang.

"Mungkin kita menunggu 12 pasien ini sembuh atau negatif semuanya baru kita buka," katanya.

Ia mengatakan rencana membuka atau melanjutkan penutupan akses penerbangan penumpang masuk di Bandara Wamena akan dibicarakan lagi dengan forkopimda.

"Kami akan rapatkan dengan muspida apakah kita masih ingin menambah waktu penutupan bandara 14 hari ke depan atau dibuka. Hasil rapat nanti yang akan dilakukan," katanya.

Sebelumnya Bandara Wamena sudah ditutup kurang lebih dua bulan. Bandara lalu dibuka kembali pada akhir Juni hingga Juli.

Sejak dibukanya penerbangan, jumlah kasus yang tercatat setiap harinya bertambah dan pemerintah bersama Tim Covid-19 menyebutkan rata-rata pasien baru itu masuk melalui Bandara Wamena.

Pada akhir Juli, pemerintah mengambil kebijakan untuk menutup lagi penerbangan penumpang masuk selama 14 hari sejak 27 Juli dan akan berakhir pada 9 Agustus mendatang.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini