Apa Itu Safe Haven?

Apa Itu Safe Haven? Kredit Foto: Reuters/Leonhard Foeger

Safe haven adalah investasi yang diharapkan dapat dipertahankan atau meningkat nilainya saat pasar bergejolak. Safe haven menjadi tempat berlindung yang aman dicari oleh investor untuk membatasi risiko kerugian jika terjadi penurunan pasar. 

Namun, yang terlihat sebagai investasi yang aman di satu pasar bawah bisa menjadi investasi yang membawa bencana di lain waktu, dan evaluasi investasi safe haven bervariasi, investor harus melakukan uji tuntas yang memadai.

Baca Juga: Apa Itu Biaya Transaksi?

Investasi safe haven mendiversifikasi portofolio investor dan bermanfaat pada saat pasar tidak stabil. Sering kali ketika pasar naik atau turun atau terjadi dalam waktu yang singkat. Namun, ada kalanya, seperti saat resesi ekonomi yaitu ketika penurunan pasar berkepanjangan. Ketika pasar sedang bergejolak, nilai pasar dari sebagian besar investasi turun tajam.

Sementara peristiwa sistemik di pasar tidak dapat dihindari, beberapa investor mencari untuk membeli aset safe haven yang tidak berkorelasi dengan pasar umum selama masa sulit. Apabila sebagian besar aset jatuh nilainya, safe havens dapat mempertahankan atau meningkat nilainya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini