Perhotelan Lagi Lesu, OYO Rambah Bisnis Kedai Kopi

Perhotelan Lagi Lesu, OYO Rambah Bisnis Kedai Kopi Kredit Foto: OYO

Startup hotel OYO kini mulai merambah ke bisnis Food & Beverages dengan mendirikan bisnis kopi. Dinamakan Kopi Cinta, perusahaan mengatakan alasannya mendirikan lini F&B karena ada permintaan produk F&B di jaringannya.

"Kami di OYO melihat budaya ngopi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Selain itu, terdapat peningkatan permintaan akan produk F&B dari para tamu hotel-hotel kami di berbagai wilayah Indonesia," kata Eko Bramantyo, Country Head Emerging Business, OYO Indonesia melalui keterangan tertulisnya, Selasa (11/8/2020).

Menurut Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional di 2018 telah mencapai 314 ribu ton. Angka konsumsi ini diprediksi akan terus tumbuh sekitar 8,2% selama periode 2016–2021.

Baca Juga: OYO Beri Asuransi Gratis ke Pelanggan, Barang Hilang-Kecelakaan

Baca Juga: Bayang-bayang Resesi Makin Nyata, Pengusaha Bisa Apa?

Data lebih lanjut, menurut International Coffee Organization (ICO), pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia berada di atas rata-rata dunia pada umumnya. Di 2021, pasokan kopi nasional diprediksi akan mencapai 795 ribu ton, sedangkan tingkat konsumsi naik menjadi 370 ribu ton.

Produk-produk minuman Kopi Cinta dibuat dengan menggunakan teknologi mesin kopi kapsul otomatis. Kopi Cinta juga menggandeng Primo Coffee sebagai partner strategis dalam pembuatan standar operasional, menyediakan pelatihan barista, serta pengadaan alat dan suplai bahan baku.

Untuk menjangkau konsumen di luar tamu hotel-hotel OYO, Kopi Cinta juga menggandeng Go-Food dan GrabFood untuk layanan pesan-antar secara daring bagi masyarakat yang ingin memesan Kopi Cinta tanpa harus datang ke lokasi gerai.

Saat ini, sebanyak 30 gerai Kopi Cinta telah tersedia di hotel-hotel OYO yang dioperasikan langsung oleh OYO (Self-Operated Business/SOB). OYO juga membuka kesempatan bagi para mitra-mitra hotel OYO yang ada untuk bergabung dan membuka gerai Kopi Cinta di hotel mereka dengan biaya investasi awal mulai Rp3 juta rupiah (mesin dan starter pack), tanpa membutuhkan ruang ataupun staf tambahan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini