HUT RI ke-75, Bendera RMS Malah Dikibarkan

HUT RI ke-75, Bendera RMS Malah Dikibarkan Kredit Foto: Kabartimurnews.com

Perayaan Hari Ulang Tahun RI yang ke-75 di Kota Ambon Maluku, diwarnai dengan pengibaran bendera Benang Republik Maluku Selatan (RMS).

Bendera empat corak ini, diduga dikibarkan oleh aktivis FKM/RMS di tiang bendera kantor Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jalan Upua Baguala' Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Maluku, SeninĀ  17 Agustus 2020.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bendera dari kelompok yang dicap separatis oleh pemerintah ini, dilaporkan pertama kali oleh salah satu warga Passo, atas nama Stenly Pattipelohy, ke Mapolsek Baguala, sekira pukul 07.00 WIT.

Baca Juga: Hore! PLN Bisa Listriki Pulau Meti, Maluku Berkat Tower Ini

Informasi ini didapat Stenly dari tetangganya, Ibu Desy yang menceritakan telah melihat bendera RMS berkibar di halaman kantor Pengadilan Tipikor Ambon, yang jaraknya berkisar 200 meter dari TKP.

Setelah diketahui, sebanyak lima orang memegang tiang bendera dan satu orang memanjat tiang bendera untuk menurunkan bendera RMS. Setelah bendera RMS berhasil di turunkan kemudian bendera tersebut diamankan oleh personil Koramil, Serka Edi Kakisina Babinsa Desa Negeri Lama.

Setelah melihat kejadian itu, Stenly langsung mendatangi Mapolsek Baguala untuk melaporkan kejadian tersebut. Kepolisian setempat lalu mengambil tindakan, dengan turun ke TKP. Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang yang dikonfirmasi media ini, tidak berhasil di hubungi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini