Konflik Apple VS Epic Games Bisa Rugikan Microsoft, Karena ....

Konflik Apple VS Epic Games Bisa Rugikan Microsoft, Karena .... Foto: Tech Crunch

Upaya Apple untuk menghapus akun pengembang Fortnite bakal berdampak buruk bagi para pelaku bisnis industri gim; setidaknya begitu menurut Microsoft.

Mengutip Reuters, Senin (24/8/2020), Microsoft mengaku, ancaman Apple untuk memutus akses Epic Games dari alat pengembang Apple bakal merugikan bisnis gimnya. Sebab, Apple juga mengancam akan memutus akses ke alat Apple yang berperan penting untuk mempertahankan perangkat lunak Unreal Engine.

Banyak pengembang gim yang melisensikan perangkat lunak itu demi mencatatkan grafik yang lebih baik. "Setidaknya, satu judul gim kami, Forza Street, yang menggunakan Unreal Engine untuk gim versi iOS; akan mengalami kerugian," ujar Microsoft.

Baca Juga: Waduh, 235 Juta Data Pengguna IG, TikTok, Youtube Bocor?

Baca Juga: Microsoft Dapat Saingan, Perusahaan Ini Juga Minat Beli TikTok

Menurut Manajer Umum Pengalaman Pengembang Gim Microsoft, Kevin Gammill, Microsoft memiliki lisensi Unreal Engine secara keseluruhan. Jadi, upaya pemutusan akun pengembang Fortnite bakal menghambat produktivitas para perusahaan gim lain di platform Mac dan iPhone.

"Jika Unreal Engine tak bias mendukung gim untuk iOS atau macOS, Microsoft terpaksa memilih antara meninggalkan pelanggan/calon pelanggan di platform itu dan memilih perangkat lunak berbeda guna mengembangkan permainan baru," jelas Gammill.

Lebih lanjut, Wakil Presiden Teknisi Epic, Nicholas Penwarden menyebut, sejumlah pengguna Unreal Engine termasuk perusahaan desain otomotif--yang kini cemas kalau proyeknya akan terdampak konflik Apple dan Epic.

Saat ini, Epic sedang berupaya menghentikan upaya Apple itu. Di sisi lain, Apple baru akan membatalkan keputusannya jika Epic mengembalikan versi Fortnite yang sesuai aturan pembayarannya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini