Allianz Indonesia Hadirkan SMILEY Fun Science dan SMILEY GO!

Allianz Indonesia Hadirkan SMILEY Fun Science dan SMILEY GO! Kredit Foto: Yayasan Allianz Peduli

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang berdampak besar bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satunya yang paling terasa adalah perubahan kegiatan belajar di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh. Untuk terus bisa berkontribusi dalam situasi yang tak menentu saat ini, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP) melakukan penyesuaian agar bisa terus menjalankan program Smart Mobile Library (SMILEY).

Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli, mengatakan pihaknya menghadirkan SMILEY Fun Science sejak bulan Mei 2020 bersama dengan EDU Foundation. SMILEY Fun Science menyediakan beragam video eksperimen ilmiah yang menyenangkan dan mudah untuk dipraktikkan oleh para siswa di rumah.

"Anak-anak merupakan kelompok masyarakat yang juga rentan terkena dampak pandemi. Sama seperti kita, mereka juga merasakan sulitnya beradaptasi dalam kondisi yang tidak mudah saat ini. Untuk itulah, kami tetap berupaya mengukir senyum mereka di rumah dengan memberikan inpirasi kegiatan yang positif, seru, dan bisa dilakukan bersama orang tua," kata Ni Made Daryanti.

Baca Juga: Allianz Lakukan Penyederhanaan Proses Pengadaan di Era Pandemi

Ni Made Daryanti menjelaskan video pendek eksperimen ilmiah dikirimkan ke para guru di sekolah untuk kemudian dibagikan kepada para siswa atau orang tua mereka. Ia mengatakan SMILEY Fun Science mendapat respons yang baik bukan hanya dari siswa, melainkan juga dari para guru.

Selain SMILEY Fun Science, Allianz Indonesia juga menghadirkan SMILEY GO! yang merupakan transformasi dari SMILEY yang sudah rutin berjalan di masa sebelum pandemi. Jika sebelumnya SMILEY mengunjungi sekolah-sekolah yang telah ditentukan setiap harinya, dan dihadiri oleh ratusan siswa dalam setiap termin (tiga bulan). Kini di masa pandemi, SMILEY GO! beroperasi di empat Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta dan satu komunitas sosial di Kota Bekasi.

Petugas SMILEY GO! akan mendatangi rumah anak-anak yang terdaftar di RPTRA tersebut dan memberikan paket yang terdiri dari lima buah buku yang dipinjamkan. SMILEY GO! siap melayani anak-anak selama periode 10 Agustus-6 November 2020.

Di samping menambah pengetahuan dan wawasan, Yayasan Allianz Peduli percaya bahwa kegiatan membaca dapat meningkatkan kebahagian dan mengurangi rasa jenuh dalam diri anak-anak ketika menjalankan kegiatan belajar dengan kebiasaan baru seperti ini.

"Harapan kami, kehadiran SMILEY GO! ini mampu membawa manfaat dan keceriaan bagi anak-anak, khususnya mereka yang memiliki keterbatasan akses ke perpustakaan atau tidak memiliki kemampuan untuk membeli buku," harap Ni Made Daryanti.

Suharyanti, Guru SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi, mengatakan sangat mendukung kegiatan SMILEY Fun Science karena memudahkan dirinya dalam memberikan gambaran yang lebih jelas kepada siswa, khususnya ilmu pengetahuan alam.

Baca Juga: Gandeng PasarPolis dan Gojek, Allianz Permudah Akses Perlindungan

"Hal ini pun membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih bermakna. SMILEY Fun Science juga bisa menjadi alternatif belajar daring bagi para siswa selama masa pandemi," jelasnya.

Dalam melaksanakan kegiatan SMILEY GO! para petugas tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan seperti menyemprotkan disinfektan ke setiap buku yang dipinjamkan, menjaga jarak radius satu meter saat berkomunikasi secara langsung, mengenakan masker dan face shield, melakukan rapid test secara berkala, serta rutin membersihkan mobil perpustakaan setiap kali selesai digunakan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini