Secara De Facto, Korut Kini di Bawah Kendali Kim Yo-jong karena..

Secara De Facto, Korut Kini di Bawah Kendali Kim Yo-jong karena.. Kredit Foto: Reuters/Stringer

Rumor memburuknya kesehatan pemimpin Korut Kim Jong Un kembali berhembus. Yang terbaru, seperti dilansir laman news.com.au, Selasa, Kim Jong Un dilaporkan dalam keadaan koma.

Namun, kebenaran soal kondisi Kim Jong Un ini tak dapat diverifikasi langsung ke otoritas Korut. Pasalnya, sistem politik dan media yang tertutup membuat dunia luar sulit untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi di Korut.

Baca Juga: Kim Jong-un Koma, Hubungan Korut-China Retak

Pada bulan April dan Mei tahun ini, Kim Jong Un juga sempat dirumorkan meninggal dunia. Namun, tak lama setelah itu, Kim Jong Un muncul di publik dalam keadaan sehat.

Saat itu ia sempat menghilang selama 3 minggu sebelum ia muncul kembali di sebuah pabrik di kota Sunchon, Korea Utara. Bahkan seperti dilansir oleh New York Times, saat itu banyak rumor lainnya bermunculan soal operasi jantungnya yang tidak berjalan baik.

Sementara soal kondisi terbaru Kim Jong Un yang dilaporkan koma itu, media mendapatkan itu dari laporan Chang Song-min, mantan ajudan mantan Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung. Ia menyebut bahwa Kim Jong Un sedang dalam keadaan koma.

“Saya menduga bahwa ia sedang dalam keadaan koma, tetapi hidupnya masih belum berakhir,” tuturnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini