Portal Berita Ekonomi Jum'at, 27 November 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:31 WIB. IHSG - IHSG menguat 0,11% pada penutupan sesi I.
  • 08:11 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 44,97 USD/barel.
  • 08:10 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 47,80 USD/barel.
  • 08:09 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,01% terhadap Euro pada level 1,1912 USD/EUR.
  • 08:08 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,04% terhadap Poundsterling pada level 1,3353 USD/GBP.
  • 08:06 WIB. Bursa - Indeks KOSPI dibuka menguat 0,10% pada level 2.628.
  • 08:06 WIB. Bursa - Indeks Nikkei dibuka menguat 0,04% pada level 26.547. 
  • 08:05 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 ditutup negatif 0,44% pada level 6.362.
  • 08:04 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,13% terhadap Yen pada level 104,12 JPY/USD.
  • 08:03 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.812 USD/troy ounce.

New Normal, Belanja Iklan Mulai Ngebut Lagi

New Normal, Belanja Iklan Mulai Ngebut Lagi
WE Online, Jakarta -

Hasil riset Nielsen Indonesia menyebut total belanja iklan sepanjang Januari-Juli 2020 mencapai angka Rp122 triliun.

Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia, Hellen Katherina mengatakan memasuki masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), para pemilik brand terlihat lebih percaya diri untuk kembali beriklan.

"Memasuki kuartal ketiga 2020 belanja iklan mulai menunjukkan pola positif setelah tertekan di kuartal kedua," kata Hellen dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: Bisnis Iklan Melorot, Twitter Cari Sumber Cuan Baru

Baca Juga: Haji 2020 Batal, Bagaimana dengan Tahun Depan?

Menurut Helen, porsi belanja iklan masih didominasi televisi, yakni 72% dengan angka Rp88 triliun. Disusul belanja iklan digital sebesar 20% dengan total belanja Rp24,2 triliun. Sementara media cetak sebesar Rp9,6 triliun dan total belanja iklan radio mencapai Rp604 miliar.

"TV masih mendominasi karena memang jangkauannya masih lebih luas pada saat ini. Dan sederhananya, kalau TV itu iklannya menjangkau nasional. Kalau pilihan media lain jangkauannya lokal," kata Hellen.

Sementara dari sisi kategori produk yang beriklan di TV dan digital di Juli 2020, kategori layanan online masih menjadi penyumbang iklan terbesar, dengan total belanja iklan Rp2,5 triliun atau meningkat 73% dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga

Tag: Belanja Iklan, Industri Iklan

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash/Andrew Neel

Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,790.36 3,752.54
British Pound GBP 1.00 18,989.37 18,799.02
China Yuan CNY 1.00 2,159.95 2,138.33
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,215.73 14,074.28
Dolar Australia AUD 1.00 10,461.36 10,354.45
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,834.03 1,815.73
Dolar Singapura SGD 1.00 10,619.85 10,510.25
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,938.04 16,763.87
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,492.81 3,452.96
Yen Jepang JPY 100.00 13,662.40 13,522.56
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5759.916 80.669 705
2 Agriculture 1231.325 -1.049 24
3 Mining 1637.002 32.633 47
4 Basic Industry and Chemicals 895.382 24.112 80
5 Miscellanous Industry 1009.041 15.971 53
6 Consumer Goods 1874.319 16.407 60
7 Cons., Property & Real Estate 368.617 5.657 95
8 Infrastruc., Utility & Trans. 987.173 31.451 79
9 Finance 1307.148 9.800 93
10 Trade & Service 690.456 6.771 174
No Code Prev Close Change %
1 ABBA 55 74 19 34.55
2 PNSE 790 980 190 24.05
3 KAYU 61 75 14 22.95
4 DAYA 398 488 90 22.61
5 ACST 230 282 52 22.61
6 VIVA 50 61 11 22.00
7 ALKA 252 306 54 21.43
8 TGRA 102 123 21 20.59
9 BCIP 55 66 11 20.00
10 SONA 5,400 6,325 925 17.13
No Code Prev Close Change %
1 FORU 100 93 -7 -7.00
2 EPAC 172 160 -12 -6.98
3 SKLT 1,600 1,490 -110 -6.88
4 TRIM 117 109 -8 -6.84
5 HITS 498 464 -34 -6.83
6 TIFA 442 412 -30 -6.79
7 CBMF 595 555 -40 -6.72
8 NFCX 1,720 1,605 -115 -6.69
9 RONY 240 224 -16 -6.67
10 BKSL 60 56 -4 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 TLKM 3,280 3,470 190 5.79
2 IMAS 1,175 1,180 5 0.43
3 DOID 300 342 42 14.00
4 KBAG 54 51 -3 -5.56
5 ACST 230 282 52 22.61
6 TOWR 1,045 1,075 30 2.87
7 BBRI 4,320 4,290 -30 -0.69
8 BUMI 72 76 4 5.56
9 MEDC 474 515 41 8.65
10 PPRO 102 98 -4 -3.92