Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

New Normal, Belanja Iklan Mulai Ngebut Lagi

New Normal, Belanja Iklan Mulai Ngebut Lagi Kredit Foto: Unsplash/Andrew Neel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil riset Nielsen Indonesia menyebut total belanja iklan sepanjang Januari-Juli 2020 mencapai angka Rp122 triliun.

Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia, Hellen Katherina mengatakan memasuki masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), para pemilik brand terlihat lebih percaya diri untuk kembali beriklan.

"Memasuki kuartal ketiga 2020 belanja iklan mulai menunjukkan pola positif setelah tertekan di kuartal kedua," kata Hellen dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: Bisnis Iklan Melorot, Twitter Cari Sumber Cuan Baru

Baca Juga: Haji 2020 Batal, Bagaimana dengan Tahun Depan?

Menurut Helen, porsi belanja iklan masih didominasi televisi, yakni 72% dengan angka Rp88 triliun. Disusul belanja iklan digital sebesar 20% dengan total belanja Rp24,2 triliun. Sementara media cetak sebesar Rp9,6 triliun dan total belanja iklan radio mencapai Rp604 miliar.

"TV masih mendominasi karena memang jangkauannya masih lebih luas pada saat ini. Dan sederhananya, kalau TV itu iklannya menjangkau nasional. Kalau pilihan media lain jangkauannya lokal," kata Hellen.

Sementara dari sisi kategori produk yang beriklan di TV dan digital di Juli 2020, kategori layanan online masih menjadi penyumbang iklan terbesar, dengan total belanja iklan Rp2,5 triliun atau meningkat 73% dibandingkan tahun sebelumnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: