Media Korut Rilis Foto Terbaru Kim Jong-un, Kabar Koma Bohong?

Media Korut Rilis Foto Terbaru Kim Jong-un, Kabar Koma Bohong? Kredit Foto: Associated Press/KCNA

Kantor berita negara Korea Utara, KCNA telah merilis foto terbaru Kim Jong-un di tengah laporan bahwa dia koma selama berbulan-bulan dan menyerahkan kekuasaan kepada saudara perempuannya, Kim Yo-jong.

Foto-foto yang dirilis KCNA menampakkan kondisi Kim yang sehat, dan tengah memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh Korut, pada Selasa (25/8/2020). Rapat tersebut menyerukan upaya pencegahan penyebaran virus corona dan topan Bavi.  

Baca Juga: Pakar Temui Tanda-tanda Adik Kim Jong-un Jauh Lebih Sadis

Dikutip Warta Ekonomi dari Associated Press, Rabu (26/8/2020), para jurnalis independen tidak diberi akses ke pertemuan tersebut. Gambar tersebut kemudian tidak dapat diverifikasi secara independen. 

Pertemuan tersebut membahas, "beberapa cacat dalam pekerjaan anti-epidemi darurat negara bagian untuk memeriksa masuknya virus corona ganas," kata KCNA dalam sebuah pernyataan.

Sampai saat ini, kasus Covid-19 belum dikonfirmasi pihak Korut. Meski begitu, Kim mengatakan bahwa bulan lalu virus itu "telah memasuki" negara terisolasi itu. Otoritas setempat kemudian melakukan penguncian (lockdown) setelah seorang pria dilaporkan bergejala Covid-19. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa hasil tes pada pria itu tidak meyakinkan.

Selaras dengan itu, pertemuan itu juga membahas langkah-langkah darurat Korut untuk mencegah kerusakan wilayah dan jatuhnya korban dari Topan Bavi, yang diperkirakan akan melanda negara itu dalam beberapa hari.

Sebelumnya, ekonomi Korut terpukul oleh penutupan perbatasan baru-baru ini dan kerusakan akibat banjir.

Spekulasi telah lama berputar-putar tentang kesehatan Kim --dengan seorang mantan ajudan mengklaim minggu ini bahwa diktator itu jatuh koma beberapa bulan yang lalu setelah operasi jantung yang gagal.

Ajudan itu mengatakan, adik perempuan Kim, Kim Yo Jong, siap membantu memimpin negara.

Awal bulan ini, foto-foto yang disetujui negara menunjukkan Kim tiba dengan SUV mewah untuk berkeliling desa di Korut yang dilanda banjir.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini