Kim Yo-jong, Adik Perempuan Kim Jong-un Hilang

Kim Yo-jong, Adik Perempuan Kim Jong-un Hilang Kredit Foto: AFP

Adik perempuan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Kim Yo-jong, sudah sekitar satu bulan terakhir tidak terlihat di depan umum. Yo-jong menghilang ditengah laporan bahwa kakaknya dalam kondisi koma dan telah menerima sebagian kekuasaan darinya.

Disitir dari Chosun Ilbo, Kamis (27/8/2020), Kim Yo-jong terakhir kali terlihat di depan umum pada 27 Juli lalu. Saat itu ia berdiri di samping sang kakak saat ia menyerahkan pistol peringatan kepada para pemimpin militer pada peringatan 67 tahun gencatan senjata Perang Korea. 

Baca Juga: Media Korut Rilis Foto Terbaru Kim Jong-un, Kabar Koma Bohong?

Kim Yo-jong terlihat begitu agresif sejak Maret lalu ketika ia meluncurkan kampanye anti-Korea Selatan (Korsel) yang gencar. Puncaknya adalah peledakan kantor penghubung antar-Korea di Kaesong pada bulan Juni. 

Pada hari Rabu, kantor berita resmi Korut KCNA melaporkan bahwa Kim Jong-un membahas respon terhadap topan Bavi dan penyebaran virus Corona dalam pertemuan Politbiro.

Acara itu dihadiri oleh sebagian besar anggota senior Partai Buruh tetapi tidak saudara perempuannya, yang merupakan "calon" anggota Politbiro. Padahal sebelumnya, Kim Yo-jong kerap terlihat di setiap kesempatan, di mana dia dengan cermat mencatat apa yang dikatakan kakaknya.

Para ahli percaya bahwa dia menyembunyikan diri dari perhatian publik karena takut spekulasi di luar tentang statusnya di rezim.

"Di masa lalu, siapa pun dirampas dari posisinya saat mereka digambarkan sebagai orang nomor dua di (Korea) Utara," kata Prof Nam Sung-wook dari Universitas Korea.

"Harus ada kemiripan check and balances, meskipun Kim Yo-jong adalah anggota keluarga," imbuhnya.

CNN pada hari Rabu melaporkan bahwa ketidakhadirannya tidak biasa, tetapi dapat dijelaskan dengan alasan biasa seperti sakit atau ada urusan lain yang harus diurus.

Sementara itu, istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju, juga tidak terlihat di depan umum sejak akhir Januari, ketika dia menonton pertunjukan untuk merayakan Hari Tahun Baru Imlek bersama suaminya, memicu spekulasi bahwa dia telah memiliki anak lagi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini