Portal Berita Ekonomi Senin, 28 September 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Startup Story: Janji Jiwa, Kopi yang Terjual Jutaan Gelas/Bulan

Startup Story: Janji Jiwa, Kopi yang Terjual Jutaan Gelas/Bulan
WE Online, Jakarta -

Bisnis rintisan kopi lokal menjamur dalam beberapa tahun belakangan; Janji Jiwa dari perusahaan Jiwa Group jadi salah satu pemain yang hadir di pasar sejak 2 tahun lalu.

Sedikit cerita, Pendiri dan Bos Janji Jiwa, Billy Kurniawan merintis Janji Jiwa sejak pertengahan 2018 dengan mengusung konsep kedai kopi grab and go. Awalnya, Billy merintis Janji Jiwa dengan modal awal Rp70 juta; dengan outlet pertama di ITC Kuningan.

“Ketika tahu outlet punya traffic tinggi, harus ada pengembangan berkelanjutan. Artinya, mesti investasi alat yang lebih bagus supaya konsumen tak kecewa,” cerita Billy, seperti dikutip dari DailySocial, Jumat (4/9/2020).

Baca Juga: Startup Story: PasarPolis Dapat Modal Rp800 M, Dipakai Buat Apa?

Baca Juga: Startup Story: Kopi Kenangan, Bisnis Kopi Berbuah Triliunan

Awalnya, ia mengaku hanya bisa menjajakan sekitar 10-20 gelas per hari atau sekitar 600 gelas per bulan. Per akhir 2019, angka penjualan itu telah melejit; dengan rata-rata 5 juta gelas terjual per bulannya.

“Perkembangan ini tak lepas dari strategi kami, dari penyesuaian rasa dengan selera masyarakat lokal, hingga cerita merek,” kata Billy pada kesempatan wawancara pada Desember 2019.

Lebih lanjut, jumlah outlet Janji Jiwa pun sudah beranak-pinak. Pada akhir 2019, jumlahnya masih sekitar 700-an. Nah, saat memeringati ulang tahun kedua pada Juni 2020, Janji Jiwa mengklaim telah memiliki 800 outlet dengan sistem kemitraan.

Dalam keterangan resminya, perusahaan menulis, “dengan lebih 800 jilid yang tersebar di lebih dari 100 kota, Kopi Janji Jiwa telah hadir untuk lebih dari 20 juta pelanggan.”

Selain mengandalkan konsep kemitraan, Janji Jiwa juga mendorong pemasaran lewat media sosial; berkolaborasi dengan para merek lokal. Dengan strategi itu, mereka meminimalkan pengeluaran pemasaran.

Creative marketing itu penting, sebab mesti bisa bertahan dengan modal yang ada saat ini,” kata Billy kemudian.

Di luar saluran penjualan luring, Janji Jiwa juga menjajakan produk di saluran daring, termasuk GrabFood dan GoFood. Asal tahu saja, menurut Billy, pesanan dari saluran daring berkontribusi 30% dari total pemesanan per hari.

Bahkan, saat ini, produk Janji Jiwa juga tersedia di aplikasi Jiwa+. Tak hanya kopi, Jiwa Group juga menjual makanan berupa roti bakar di bawah merek Jiwa Toast lewat aplikasi tersebut.

Nah, pada 2020 ini, Jiwa Group menargetkan bisa membawa merek Janji Jiwa dan Jiwa Toast ke pasar Asia Tenggara.

Baca Juga

Tag: Startup Story, Startup, Kopi Janji Jiwa, Jiwa Toast, Jiwa Group

Penulis/Editor: Tanayastri Dini Isna

Foto: Janji Jiwa

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,006.12 3,966.15
British Pound GBP 1.00 19,168.36 18,971.68
China Yuan CNY 1.00 2,205.71 2,183.67
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 15,025.76 14,876.25
Dolar Australia AUD 1.00 10,606.68 10,498.17
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,938.76 1,919.44
Dolar Singapura SGD 1.00 10,934.19 10,821.45
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,536.56 17,356.12
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,607.63 3,568.30
Yen Jepang JPY 100.00 14,243.78 14,100.71
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4945.791 103.035 707
2 Agriculture 1137.608 23.110 24
3 Mining 1330.114 20.962 47
4 Basic Industry and Chemicals 706.280 14.201 80
5 Miscellanous Industry 871.512 36.945 53
6 Consumer Goods 1841.021 34.944 60
7 Cons., Property & Real Estate 342.335 3.912 95
8 Infrastruc., Utility & Trans. 803.559 4.621 79
9 Finance 1072.260 31.539 94
10 Trade & Service 623.467 4.558 175
No Code Prev Close Change %
1 FIRE 200 270 70 35.00
2 BOSS 92 123 31 33.70
3 INAF 2,330 2,910 580 24.89
4 PYFA 765 955 190 24.84
5 PEHA 1,170 1,460 290 24.79
6 KBAG 77 96 19 24.68
7 KAEF 2,310 2,880 570 24.68
8 NIKL 590 735 145 24.58
9 INTD 153 187 34 22.22
10 GMFI 68 83 15 22.06
No Code Prev Close Change %
1 ALKA 230 214 -16 -6.96
2 SBAT 288 268 -20 -6.94
3 PLIN 2,740 2,550 -190 -6.93
4 ROCK 1,515 1,410 -105 -6.93
5 WICO 505 470 -35 -6.93
6 TUGU 1,595 1,485 -110 -6.90
7 AIMS 145 135 -10 -6.90
8 MTPS 408 380 -28 -6.86
9 DPUM 73 68 -5 -6.85
10 EMTK 7,325 6,825 -500 -6.83
No Code Prev Close Change %
1 BRIS 725 770 45 6.21
2 BBRI 3,030 3,160 130 4.29
3 TLKM 2,730 2,690 -40 -1.47
4 DEAL 160 187 27 16.88
5 BBCA 27,225 28,050 825 3.03
6 TOWR 1,005 1,020 15 1.49
7 FIRE 200 270 70 35.00
8 SMBR 410 500 90 21.95
9 PURA 138 131 -7 -5.07
10 KAEF 2,310 2,880 570 24.68