Apa Itu Gimmick?

Apa Itu Gimmick? Kredit Foto: Unsplash/Ángel López

Gimmick adalah perangkat atau ide baru yang dirancang terutama untuk menarik perhatian atau meningkatkan daya tarik, seringkali dengan sedikit nilai intrinsik. Gimmick juga merupakan serangkaian adegan untuk mengelabuhi, memberikan kejutan, menciptakan suatu suasana, atau meyakinkan orang lain.

Berdasarkan KBBI, gimmick atau gimik adalah gerak-gerik tipu daya aktor untuk mengelabui lawan peran.

Baca Juga: Apa Itu Boikot?

Asal usul istilah gimmick sebenarnya masih belum pasti, namun para ahli etimologi menyatakan bahwa istilah tersebut muncul di Amerika Serikat pada awal abad kedua puluh.

Kamus Oxford menunjukkan bahwa gimmick awalnya adalah istilah slang untuk hal yang dimanipulasi oleh penipu atau pesulap. Asal lain yang mungkin adalah kata gimmick mungkin berasal dari gaming table, merujuk pada "perangkat yang digunakan untuk membuat permainan yang adil". Istilah ini pertama kali muncul di surat kabar Amerika pada tahun 1910-an dan 1920-an.

Dalam dunia markerting, gimmick menjadi salah satu strategi pemasaran suatu produk dengan menggunakan cara-cara yang tidak biasa agar cepat dikenal dan banyak diminati.

Gimmick dapat merujuk pada fitur produk yang membuatnya lebih menarik tetapi bukan hal penting untuk fungsi produk. Hal ini juga dapat merujuk kepada jenis iklan tertentu yang dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan produk, yang disebut gimmick iklan.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini