Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Digital Marketing?

Apa Itu Digital Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Marketing atau pemasaran adalah sebuah teknik yang perlu dikuasai oleh Anda sebagai seorang pemilik bisnis maupun seorang pemasar atau marketers. Tujuannya sederhana, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan produk.

Anda harus menentukan segmentasi pasar agar bisa mencapai target audiens sesuai yang diharapkan, kemudian Anda perlu mengemas bentuk pemasaran sebaik mungkin untuk dapat menarik hati target audiens Anda.

Di zaman serba digital ini, segala bentuk kegiatan beradaptasi seiring dengan berjalannya perkembangan teknologi yang pesat, termasuk pemasaran. Jika sebelumnya sebuah iklan hanya dapat dilihat melalui selembaran dan papan iklan di jalanan atau di layar kaca, maka sekarang ini dapat ditemui banyak iklan yang terpampang jelas di layar smartphone Anda.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Digital Marketing

Istilah digital marketing menjadi familiar akhir–akhir ini. Apa itu digital marketing? Bagaimana cara kerja digital marketing? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

I. Apa Itu Digital Marketing?

Pernah melihat sebuah iklan pada saat Anda sedang menonton tayangan di Youtube? Atau Anda pernah menjumpai iklan saat Anda sedang membuka portal berita online? Kedua hal tersebut adalah bentuk dari digital marketing. Namun, apa itu digital marketing?

Digital marketing dapat diartikan sebagai sebuah cara memasarkan suatu produk melalui portal yang berbasis teknologi informasi. Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis yang memanfaatkan beragam saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Sedangkan, menurut Kotler dan Armstrong dalam Marketing an Introduction Ninth Edition. New Jersey: Pearson Education International (2009), digital marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang menghubungkan konsumen dengan penjual secara elektronik menggunakan teknologi interaktif seperti email, situs web, forum online dan grup berita, televisi interaktif, komunikasi seluler, dan lain-lain.

Tidak seperti pemasaran tradisional—yang sifatnya statis dan sering disebut sebagai komunikasi satu arah, digital marketing adalah proses dinamis yang selalu berubah. Sebaliknya, pelanggan tidak dapat berinteraksi dengan bisnis Anda melalui papan iklan atau iklan cetak, sedangkan digital marketing dapat memberikan jalan untuk komunikasi dua arah antara bisnis Anda dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Saat ini, setiap harinya orang–orang selalu menatap layar ponsel mereka. Digital marketing dapat memanfaatkan momentum ini, dengan mempromosikan produk dan layanan bisnis di internet. Dengan cara ini, dapat dipastikan bahwa upaya pemasaran Anda cenderung dapat menjangkau pelanggan karena setiap orang menghabiskan waktu mereka untuk berselancar di dunia maya.

Digital marketing identik dengan penggunaan komputer. Bahkan awal terciptanya konsep digital marketing tidak lepas dari penemuan World Wide Web (WWW) seperti yang biasa Anda gunakan saat sedang ingin mengunjungi suatu situs di internet. Bagaimana sejarah perkembangan digital marketing?

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: