Horor, ISIS Hancurkan Pulau Surgawi Mewah Cristiano Ronaldo

Horor, ISIS Hancurkan Pulau Surgawi Mewah Cristiano Ronaldo Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A

Sebuah pulai indah di Mozambik tempat selebriti papan atas berlibur hancur tak karuan.

Pulau tersebut pernah disinggahi oleh vokalis U2 Bono, Cristiano Ronaldo hingga aktor James Bond, Daniel Craig.

Baca Juga: Bintang 4 Pasang Badan untuk Hafidz, FH: ISIS Banyak yang Hafidz

Dikabarkan, pulau surgawi yang kini luluh lantak tersebut dihancurkan oleh pasukan ISIS.

ISIS mengusir warga lokal hingga membakar vila-vila dan hotel-hotel mewah di pulau Vamizi.

Kepulauan Vamizi selama ini menjadi surga selam dan scuba yang biasa dikunjungi tak hanya seleb, tapi juga pemimpin negara serta bangsawan seperti Pangeran Albert dari Monaco.

Saat ini, bersama tiga pulau tetangga lainnya, militan yang menamakan diri sebagai Negara Islam Provinsi Afrika Tengah telah menguasai pulau berpasir putih itu.

Sebelumnya pada bulan lalu, ISIS menetapkan hukum syariah di kota pelabuhan strategis terdekat, Mocimboa da Praia, di provinsi kaya gas Cabo Delgado.

Serangan kali ini menjadi yang terbaru dalam serangkaian pemberontakan tiga tahun terakhir yang kian intensif. Korban tewas akibat kekerasan ini sedikitnya 1.300 orang.

Kehadiran ISIS juga mengancam rencana untuk mengubah Mozambik menjadi Qatar of Afrika. Mocimboa da Praia sendiri terletak di semenanjung Afungi di mana fasilitas gas alam cair, salah satu proyek investasi tunggal terbesar di Afrika berada.

ISIS diyakini bakal menggunakan pulau-pulau baru itu guna melancarkan serangan amfibi yang memutus jalur pasokan energi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini