PostgreSQL 13 Versi Terbaru, Tawarkan Kinerja Maksimal Database Open Source Tercanggih

PostgreSQL 13 Versi Terbaru, Tawarkan Kinerja Maksimal Database Open Source Tercanggih Kredit Foto: Unsplash/Tyler Franta

PostgreSQL Global Development Group meluncurkan PostgreSQL 13, versi terbaru dari software database open source tercanggih di dunia. Berbagai keunggulan yang dibenamkan di PostgreSQL 13 mencakup peningkatan signifikan pada sistem pengindeksan dan pencariannya yang menguntungkan bagi database besar, penghematan ruang, dan peningkatan kinerja untuk indeks, waktu respons yang lebih cepat untuk query yang menggunakan agregat atau partisi, perencanaan query yang lebih baik saat menggunakan statistik yang ditingkatkan, dan banyak lagi.

Melanjutkan keunggulan dari versi sebelumnya, PostgreSQL 13 secara efisien dapat menangani data duplikat dalam indeks B-tree, yang merupakan indeks standar database. Hal ini memberikan keuntungan dengan menurunkan penggunaan ruang yang dibutuhkan indeks B-tree, sambil meningkatkan kinerja query secara keseluruhan. 

PostgreSQL 13 memperkenalkan pengurutan bertahap, di mana data yang diurutkan dari langkah sebelumnya dalam query dapat mempercepat pengurutan di langkah selanjutnya. Selain itu, PostgreSQL sekarang bisa menggunakan sistem statistik yang diperluas (diakses melalui CREATE STATISTICS) untuk membuat plan yang lebih baik untuk query dengan klausa OR dan pencarian atas daftar IN / ANY. 

Di PostgreSQL 13, lebih banyak pilihan query pengelompokan dan agregat dapat meningkatkan efisiensi fungsi pengelompokan, karena query dengan kelompok besar tidak harus dimasukkan seluruhnya ke dalam memori. Query dengan tabel partisi mendapatkan manfaat terbesar, karena saat ini ada banyak kemungkinan dimana partisi dapat dipangkas dan dapat digabungkan langsung. 

Di PostgreSQL 13, sistem vacuuming terus ditingkatkan salah satunya adalah dengan pelaksanaan secara paralel untuk indeks. Administrator dapat memilih jumlah parallel worker yang akan dijalankan. Selain itu, proses autovacuum dapat dimulai oleh INSERT data. 

Replication slot, yang digunakan untuk mencegah write-ahead log (WAL) dihapus sebelum diterima oleh replika, dapat disesuaikan di PostgreSQL 13 untuk menentukan jumlah maksimum file WAL yang harus dipertahankan dan membantu menghindari terjadinya error karena sisa space disk habis. 

PostgreSQL 13 juga menambahkan lebih banyak cara agar administrator dapat memantau aktivitas database, termasuk menampilkan statistik penggunaan WAL pada EXPLAIN, status proses dalam membuat backup dengan base backup maupun menjalankan ANALYZE. Selain itu, integritas data hasil dari pg_basebackup dapat dipastikan oleh pg_verifybackup yang baru. Hal ini sangat menarik, seperti pepatah: backup yang tidak dapat diandalkan bukanlah backup, namun sampah.  

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini