Portal Berita Ekonomi Minggu, 25 Oktober 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:00 WIB. KOSPI - 2.346 (19/10), 2.358 (20/10), 2.370 (21/10), 2.355 (22/10), 2.360 (23/10).
  • 11:59 WIB. Hang Seng - 24.542 (19/10), 24.569 (20/10), 24.754 (21/10), 24.786 (22/10), 24.918 (23/10).
  • 11:45 WIB. Shanghai Composite - 3.312 (19/10), 3.328 (20/10), 3.325 (21/10), 3.312 (22/10), 3.278 (23/10).
  • 11:43 WIB. Nikkei - 23.671 (19/10), 23.567 (20/10), 23.639 (21/10), 23.474 (22/10), 23.516 (23/10).
  • 11:41 WIB. FTSE 100 - 5.884 (19/10), 5.889 (20/10), 5.776 (21/10), 5.785 (22/10), 5.860 (23/10).
  • 11:40 WIB. Nasdaq - 11.478 (19/10), 11.516 (20/10), 11.484 (21/10), 11.506 (22/10), 11.548 (23/10).
  • 11:37 WIB. S&P 500 - 3.426 (19/10), 3.443 (20/10), 3.435 (21/10), 3.453 (22/10), 3.465 (23/10).
  • 11:36 WIB. Dow Jones - 28.195 (19/10), 28.308 (20/10), 28.210 (21/10), 28.363 (22/10), 28.335 (23/10).

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Cara Mudah Menggunakan Google Analytics
WE Online, Jakarta -

Jumlah pengguna internet secara global yang terus bertambah dari tahun ke tahun mengakibatkan perubahan sifat pelanggan yang lebih menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan membeli secara online sehingga banyak perusahaan mulai beralih ke metode pemasaran digital.

Bagi bisnis online, situs web merupakan inti dari semua aktivitas pemasaran digital. Tapi, bagaimana bisa tahu apakah situs web Anda dapat menarik orang yang tepat? Bagaimana Anda tahu jika media sosial dan kampanye Pay-Per-Click (PPC) bisa mengarahkan trafick yang cukup ke situs web? Google Analytics dapat menjawab semua pertanyaan tadi.

Setiap pemasar yang ingin memperkuat strategi pemasaran perlu mengetahui cara terbaik dalam memanfaatkan semua data yang tersedia di dalam Google Analytics. Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan melalui platform ini. Tanpa menganalisis trafik situs web, Anda akan sulit untuk menilai keefektian strategi pemasaran yang telah dijalankan sehingga dapat mengetahui kapan saatnya mengubah strategi jika diperlukan.

Baca Juga: Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

Jika dimanfaatkan dengan benar, Google Analytics dapat memberikan informasi berharga tentang siapa saja yang telah mengunjungi situs web Anda, bagaimana mereka bisa berada di sana, dan halaman mana yang paling sering mereka kunjungi. Google Analytics memiliki peranan yang besar bagi digital marketing. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut seputar Google Analytics.

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics merupakan sebuah alat bantu pemasaran yang dapat mengumpulkan, mengukur, serta menganalisis semua data yang berkaitan dengan informasi pemasaran di situs web secara kualitatif dan kuantitatif. Google Analytics adalah bagian dari Google Marketing Platform (GMP), yaitu sistem terpadu untuk semua kebutuhan periklanan, pengumpulan data, dan pelaporan hasil. 

Google Analytics menyediakan alat analisis untuk pengoptimalan mesin pencari (SEO) yang berdampak langsung pada pemasaran digital. Layanan ini dapat diakses secara gratis dan tersedia bagi siapa saja yang memiliki akun Google. Fitur yang terdapat di Google Analytics meliputi:

• Alat visualisasi data termasuk dashboard, kartu skor, dan grafik yang menampilkan perubahan data dari waktu ke waktu.

• Analisis untuk konversi.

Custom report.

• Komunikasi berbasis email.

• Integrasi dengan produk Google lainnya, seperti AdWords, Public Data Explorer, dan Website Optimizer.

Misalnya, Anda memiliki toko e-commerce dan ingin mengetahui berapa banyak pengguna yang telah mengunjungi situs. Dengan bantuan Google Analytics, Anda dapat melihat berapa jumlah pengunjung situs, dari mana mereka berasal, perangkat mana yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.

Google Analytics terintegrasi dengan layanan Google lainnya, dan jika Anda menggunakan layanan berbasis Google lainnya untuk pemasaran, Google Analytics akan sangat penting untuk melacak kinerjanya. Hanya dengan sebuah data web inilah Anda dapat meningkatkan return of investment pada situs bisnis.

Dalam setiap strategi pemasaran digital, data memainkan peranan yang penting. Sehingga, memiliki alat bantu yang tepat pada saat melakukan sebuah upaya pemasaran dapat membuat Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Google Analytics adalah alat bantu yang ampuh untuk bisnis online apa pun. Melalui penggunaan Google Analytics, Anda dapat menemukan banyak sekali data tentang situs web Anda yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis.

Baca Juga

Tag: Digital Marketing, Google

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash/Campaign Creators

Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,949.47 3,909.96
British Pound GBP 1.00 19,360.36 19,166.25
China Yuan CNY 1.00 2,215.33 2,193.09
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,811.69 14,664.31
Dolar Australia AUD 1.00 10,554.81 10,442.46
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,911.19 1,892.14
Dolar Singapura SGD 1.00 10,912.61 10,800.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,485.20 17,305.35
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,574.25 3,534.42
Yen Jepang JPY 100.00 14,145.44 14,000.68
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5112.188 20.372 706
2 Agriculture 1162.155 9.913 24
3 Mining 1435.499 5.179 47
4 Basic Industry and Chemicals 765.630 -1.582 80
5 Miscellanous Industry 951.694 22.664 53
6 Consumer Goods 1825.836 15.501 60
7 Cons., Property & Real Estate 323.756 11.438 95
8 Infrastruc., Utility & Trans. 812.761 -9.712 79
9 Finance 1127.096 1.833 93
10 Trade & Service 636.513 -0.535 175
No Code Prev Close Change %
1 RONY 376 470 94 25.00
2 BOLT 505 630 125 24.75
3 POLL 4,330 5,400 1,070 24.71
4 JSPT 920 1,135 215 23.37
5 PDES 202 244 42 20.79
6 JAWA 82 99 17 20.73
7 BBTN 1,260 1,430 170 13.49
8 SMSM 1,260 1,400 140 11.11
9 PALM 280 310 30 10.71
10 GEMA 308 338 30 9.74
No Code Prev Close Change %
1 TGRA 100 93 -7 -7.00
2 AIMS 129 120 -9 -6.98
3 BAJA 101 94 -7 -6.93
4 PBSA 650 605 -45 -6.92
5 TIRA 260 242 -18 -6.92
6 BRIS 1,300 1,210 -90 -6.92
7 DMMX 188 175 -13 -6.91
8 YPAS 290 270 -20 -6.90
9 ESIP 117 109 -8 -6.84
10 OKAS 103 96 -7 -6.80
No Code Prev Close Change %
1 BRIS 1,300 1,210 -90 -6.92
2 BBTN 1,260 1,430 170 13.49
3 TLKM 2,700 2,630 -70 -2.59
4 ANTM 1,085 1,085 0 0.00
5 ASRI 151 149 -2 -1.32
6 AGRO 370 350 -20 -5.41
7 BRPT 945 925 -20 -2.12
8 BBRI 3,300 3,290 -10 -0.30
9 BEST 179 182 3 1.68
10 PWON 404 416 12 2.97