Oh, Tsunami 20 Meter, Terus Gempa M9,1 Hanya Isu Lama, Pakar Sarankan Ini...

Oh, Tsunami 20 Meter, Terus Gempa M9,1 Hanya Isu Lama, Pakar Sarankan Ini... Foto: Antara/Nyoman Budhiana

Pakar Geofisika, Hery Harjono mengapresiasi hasil kajian dari para ahli ITB yang menyebut adanya potensi gempa megathrust, Magnitudo (M) 9,1 yang mengakibatkan tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau Jawa. Baca Juga: Skenario Jika Tsunami 20 Meter Benar-benar Terjang Pantai Selatan Jawa

Mantan Kepala Puslit Geoteknologi itu memastikan, bahwa hasil kajian dari Global Geophysics Reasearch Group ITB dapat dipertanggungjawabkan secara ilimiah. Baca Juga: Astaga Naga! Ada Potensi Tsunami Hingga 20 Meter, MPR Langsung Desak..

"Saya apresiasi para ilmuwan yang telah mempublikasi hasil risetnya di jurnal yang prestisius. Artinya hasil riset ini sudah direview dengan ketat untuk bisa diterbitkan. Penulis utamanya salah satu ilmuwan terbaik yang kita miliki. Saya hanya ingin mengatakan riset mereka bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," kata Hery saat dihubungi Okezone, Jumat (2/10/2020).

Meski demikian, mantan Deputi Kepala LIPI Bidang Ilmu Pengetahuan tersebut menerangkan bahwa hasil kajian tersebut merupakan isu lama.

Hery menerangkan, selama ini banyak dugaan tentang potensi gempa dan tsunami di selatan Jawa. kata dia, peneliti LIPI Danny Hilman Natawidjaja juga sudah pernah mengemukakan tentang potensi tsunami di selatan Jawa pada pertemuan American Geophysical Union (AGU) di Amerika Serikat pada 2013 silam.

"Pada 2013 kalau tidak salah. AGU dikenal sebagai asosiasi profesi yang prestigius juga. Jadi ini isu lama," ucap dia.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini