Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tetra Pak Lanjutkan Program DROPBOX di 10 Gerai GIANT Supermarket

Tetra Pak Lanjutkan Program DROPBOX di 10 Gerai GIANT Supermarket Kredit Foto: Tetra Pak
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tetra Pak Indonesia bekerja sama dengan jaringan Supermarket GIANT menyelenggarakan kegiatan edukasi bertema "DAUR ULANG ITU UNIK" yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen dalam pengumpulan terpilah sejak dari sumber dan daur ulang kemasan karton bekas minum/used beverage cartons (UBC) di 10 gerai GIANT Supermarket.

Melalui kegiatan ini, para pengunjung GIANT Supermarket akan diedukasi secara langsung tentang di mana UBC dapat disalurkan dan dikumpulkan, proses daur ulang, serta menunjukkan produk hasil daur ulang dari UBC.

Baca Juga: Genjot Ekspor Kertas Daur Ulang, Wamendag Perhatikan Kelangsungan Pasokan Bahan Baku

Lebih lanjut, mempelajari pentingnya pemilahan kemasan bekas minum di sumber dan Gerakan 3L, yaitu membuka lipatan atas dan bawah kemasan, letakkan sedotan ke dalam kemasan dan ratakan, kemudian lepaskan kemasan ke dalam tempat sampah terpilah. Selain itu, pemahaman mengenai karton Tetra Pak terbuat dari bahan sumber daya terbarukan, berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab dan lokasi Dropbox serta tempat pengumpulan UBC lainnya.

Kegiatan edukasi dilaksanakan bulan ini dimulai dari GIANT Supermarket CBD Bintaro, Tangerang Selatan, kemudian dilanjutkan ke 9 gerai GIANT Supermarket lainnya sepanjang sisa tahun ini. Kegiatan edukasi akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut di setiap gerai dan UBC yang terkumpul di gerai GIANT kemudian akan diangkut oleh mitra pengumpul Tetra Pak.

Reza Andreanto, Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia, menjelaskan jika Tetra Pak Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan daur ulang kemasan karton bekas minum (UBC) di Indonesia dengan melakukan pengumpulan terpilah.

"Kami juga mengajak Pemilik Merek, pelanggan kami di industri makanan dan minuman, bersama-sama mengampanyekan pemilahan UBC di sumber dengan melakukan Gerakan 3L sebelum diletakkan pada tempat terpilah. Hal tersebut sejalan dengan Program Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," jelas Reza dalam keterangan tertulis di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, dengan menyediakan Dropbox di beberapa gerai GIANT Supermarket, dirinya berharap makin banyak konsumen yang berpartisipasi aktif dalam pengumpulan UBC untuk didaur ulang. Program DROPBOX telah diinisiasi sejak tahun 2013, kemudian diperluas cakupannya dengan melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK), serta mitra strategis lainnya, di antaranya HERO group, Forest Stewardship Council (FSC®), IRcomm, dan mitra lainnya.

Diky Risbianto, Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, menuturkan "Giant sebagai salah satu unit bisnis Hero Group berkomitmen untuk turut aktif melindungi lingkungan melalui kegiatan yang bertanggung jawab. Ini sebagai tindakan nyata HERO Group sebagai perusahaan ritel yang peduli terhadap lingkungan dan pengelolaan hasil hutan yang bertanggung jawab."

Diky mengaku jika GIANT Supermarket akan terus mendukung dan berperan aktif melalui berbagai macam program dan kegiatan, salah satunya program DROPBOX itu. GIANT Supermarket telah bekerja sama dengan Tetra Pak selama 2 tahun bersama IRcomm, dan para mitra lainnya untuk mendidik konsumen tentang daur ulang kemasan karton bekas minum dan akan terus melakukannya hingga tahun-tahun yang akan datang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: