Ilmuwan Temukan Planet Seukuran Bumi Mengambang di Galaksi Bima Sakti

Ilmuwan Temukan Planet Seukuran Bumi Mengambang di Galaksi Bima Sakti Kredit Foto: Unsplash/Greg Rakozy
Warta Ekonomi -

Ilmuwan menemukan planet seukuran Bumi mengambang di galaksi Bima Sakti. Planet ini tidak memiliki bintang induk.

Sebagai gambaran, jika tata surya adalah sebuah keluarga, beberapa anggota keluarga atau planet mungkin meninggalkan rumah lebih awal dengan alasan apapun. Sekali meninggalkan keluarga atau pelukan gravitasi, benda-benda ini akan melayang melalui ruang antarbintang selamanya dan tak akan terikat lagi pada Bintang manapun.

Baca Juga: Wah, Ada Tanda Kehidupan di Planet Venus!! Bisa Ditinggali?

Para astronom menyebut temuan planet ini sebagai rogue planets atau planet pengembara. Planet pengembara yang ditemukan ini diberi nama OGLE-2016-BLG-1928. Planet ini didapatkan dengan kolaborasi OGLE (Optical Gravitational Lensing Experiment) dan kolaborasi KMTN (Korean Microlensing Telescope Network).

Dilansir Universe Today, tim ilmuwan dari dua organisasi tersebut telah mengumumkan penemuan planet rogue bermassa rendah. Tidak ada bintang di dekatnya. Jaraknya dari Bumi belum dikonfirmasi.

Ada 30 penulis terdaftar sebagai kontributor untuk pekerjaan ini. Penulis utama adalah Przemek Mróz, seorang sarjana pascadoktoral di bidang astronomi di Caltech. Makalah ini dirilis di situs pra-pers arxiv.org. Para astronom berpikir bahwa pada masa-masa awal tata surya, beberapa planet bermassa rendah akan terlontar dari cengkeraman gravitasi bintang.

"Menurut teori pembentukan planet, seperti teori akresi inti, massa khas planet yang terlontar harus antara 0,3 dan 1,0 massa Bumi," tulis tim peneliti.

Menemukan planet-planet kecil ini dalam kegelapan angkasa yang luas membutuhkan pendekatan inovatif lensa gravitasi. Ilmuwan menduga banyak sekali planet rogue di galaksi Bima Sakti.

Pekerjaan teoretis menunjukkan bahwa mungkin ada miliaran, atau bahkan triliunan, planet yang mengambang bebas di Bima Sakti. Jumlah ini mungkin saja melebihi bintang yang ada di Bima Sakti.