Portal Berita Ekonomi Kamis, 22 Oktober 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:08 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup menguat 0,75% pada level 24.754.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,53% pada level 2.370.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup menguat 0,31% pada level 23.639.
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup melemah 0,09% pada level 3.325.
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup melemah 0,07% pada level 2.526.
  • 16:04 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,30% terhadap Yuan pada level 6,6569 CNY/USD.
  • 16:04 WIB. Valas - Rupiah ditutup menguat 0,17% terhadap Dollar AS pada level 14.632 IDR/USD.

Cara Gunakan Google Ads, Alat Pemasaran Online Berbayar

Cara Gunakan Google Ads, Alat Pemasaran Online Berbayar
WE Online, Jakarta -

Dunia pemasaran telah berubah secara drastis dalam beberapa tahun terakhir dan Google Ads merupakan salah satu platform yang mendorong transformasi ini. Google Ads dikenal sebagai salah satu metode periklanan online berbayar yang paling efektif. Banyak pelaku usaha yang telah meraih sukses besar dengan menggunakan Google Ads (Adwords).

Google Ads membantu bisnis online untuk bisa menjangkau siapa saja yang menggunakan mesin pencari Google untuk menelusuri informasi, produk, dan layanan secara online. Jika digunakan dengan benar, Google Ads berpotensi mengirimi Anda banyak pengguna yang benar-benar menginginkan apa yang telah Anda tawarkan. Jika saat ini Anda tidak memiliki akun Google Ads untuk bisnis, Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk mengambil banyak manfaat dari platform ini.

Baca Juga: Catat! Penguasaan Ilmu Digital Marketing Kian Penting saat Pandemi

Google Ads menggunakan sistem Paid Per-Click (PPC) yang bisa membantu situs web bisnis Anda untuk muncul di peringkat teratas ketika pengguna sedang mencari informasi yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Google Ads untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas bagi bisnis Anda. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara beriklan di Google.

Apa Itu Google Ads?

Google Ads adalah sebuah platform periklanan online berbayar yang ditawarkan oleh Google. Alat bantu periklanan ini diluncurkan pada Oktober 2000 dengan nama Google Adwords, tetapi mengalami rebranding pada 2018 dan berganti nama menjadi Google Ads. Cara kerjanya masih tetap sama: saat pengguna mencari sebuah keyword, mereka akan mendapatkan hasil pencarian tersebut di halaman hasil mesin pencari (SERP). Hasil pencarian tersebut dapat mencakup iklan berbayar yang menggunakan keyword tersebut.

Google Ads adalah platform periklanan bayar berbayar atau Paid Per-Click (PPC). Tidak seperti platform PPC lainnya seperti Facebook Ads, Google Ads sebenarnya memberikan kesempatan kepada pengiklan untuk bisa menjangkau audiens melalui Google Search Network dan Google Display Network. Meskipun pendekatan secara fungsionalnya sangat berbeda, keduanya menggunakan sistem penawaran PPC, di mana pengiklan membayar jasa agar iklan mereka bisa ditampilkan kepada audiens yang relevan.

Google Display Network dapat membantu Anda untuk menampilkan iklan kepada pengguna yang secara aktif menelusuri keyword sesuai jenis bisnis tersebut. Jika Anda memiliki bisnis tanaman, Anda dapat membayar jasa agar iklan Anda bisa muncul setiap kali pengguna mengetik "pupuk berkualitas".

Seperti yang mungkin Anda bayangkan, "iklan teks" ini adalah sebuah peluang bagus untuk mendatangkan pengguna yang tengah berada di tahap pencarian hingga pembelian suatu produk. Iklan teks ditandai dengan tag "Iklan" kecil di samping URL situs web. Google Display Network bekerja secara berbeda.

Alih-alih menampilkan iklan kepada pengguna yang secara aktif mencari produk atau layanan online, "iklan bergambar" atau "iklan spanduk" ini ditempatkan di situs web yang akan menjadi target Anda. Mereka tidak secara aktif mencari apa yang Anda jual karena orang-orang biasanya cenderung tidak mengklik iklan banner. Meskipun demikian, terkadang orang tidak tahu apa yang sedang mereka inginkan sampai mereka melihatnya. Jadi, iklan bergambar akan membantu sekali untuk bisa tampil di hadapan calon pelanggan yang mungkin belum pernah mendengar bisnis Anda.

Iklan bergambar juga berfungsi dengan baik untuk kampanye re-engagement, di mana Anda bisa menampilkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs Anda dengan harapan mereka bisa kembali lagi. Ini disebut sebagai retargeting.

Baca Juga

Tag: Digital Economy, Digital Marketing, Google

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Unsplash/Lauren Edvalson

Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,927.93 3,888.63
British Pound GBP 1.00 19,112.38 18,919.29
China Yuan CNY 1.00 2,210.74 2,188.52
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,731.29 14,584.71
Dolar Australia AUD 1.00 10,425.33 10,320.14
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,900.81 1,881.87
Dolar Singapura SGD 1.00 10,869.39 10,757.27
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,444.79 17,269.76
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,554.85 3,515.23
Yen Jepang JPY 100.00 13,980.54 13,837.49
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5096.446 -3.394 707
2 Agriculture 1163.989 1.570 24
3 Mining 1444.949 11.076 47
4 Basic Industry and Chemicals 759.889 4.898 80
5 Miscellanous Industry 930.858 11.455 53
6 Consumer Goods 1822.694 -3.494 60
7 Cons., Property & Real Estate 313.044 -2.121 95
8 Infrastruc., Utility & Trans. 820.850 1.847 79
9 Finance 1123.950 -7.834 94
10 Trade & Service 639.715 3.932 175
No Code Prev Close Change %
1 JAYA 96 114 18 18.75
2 LION 238 270 32 13.45
3 PTIS 137 155 18 13.14
4 CNTX 200 226 26 13.00
5 TRIN 234 262 28 11.97
6 SAME 134 150 16 11.94
7 WAPO 70 78 8 11.43
8 INTD 142 156 14 9.86
9 INKP 8,650 9,475 825 9.54
10 PORT 440 480 40 9.09
No Code Prev Close Change %
1 PPGL 306 276 -30 -9.80
2 BRIS 1,500 1,395 -105 -7.00
3 OKAS 115 107 -8 -6.96
4 POLL 4,890 4,550 -340 -6.95
5 BNLI 2,590 2,410 -180 -6.95
6 LCKM 346 322 -24 -6.94
7 JSKY 188 175 -13 -6.91
8 APEX 160 149 -11 -6.88
9 CTBN 2,930 2,730 -200 -6.83
10 PCAR 294 274 -20 -6.80
No Code Prev Close Change %
1 BRIS 1,500 1,395 -105 -7.00
2 ANTM 1,035 1,100 65 6.28
3 SAME 134 150 16 11.94
4 WSKT 715 770 55 7.69
5 BBRI 3,250 3,240 -10 -0.31
6 TLKM 2,670 2,680 10 0.37
7 AGRO 424 396 -28 -6.60
8 BMRI 5,650 5,525 -125 -2.21
9 PURA 134 125 -9 -6.72
10 BBCA 29,025 28,900 -125 -0.43