FSI FEB UI Bentuk Penerus Bangsa Peduli Perekonomian Lewat Sharia Economics Days

FSI FEB UI Bentuk Penerus Bangsa Peduli Perekonomian Lewat Sharia Economics Days Kredit Foto: UI

FSI FEB UI sukses mengadakan kembali kompetisi seminar nasional yang diselenggarakan oleh Kepanitiaan Sharia Economics Days atau yang sering dikenal dengan Second FEB UI.

Pada tahun ini Second memasuki umur ke-19 yang dengan semangatnya untuk terus menyebarluaskan ilmu ekonomi Islam ke seluruh masyarakat Indonesia. Namun, ada hal berbeda yang dirasakan Second pada tahun ini yaitu merebaknya Covid-19, membuat rangkaian acara Second 19 harus tertunda lima bulan dari jadwal yang seharusnya pada 12-14 April 2020 menjadi 21-26 September 2020.

Kegiatan ini berkomitmen untuk membentuk para penerus bangsa yang peduli dengan keberlangsungan perekonomian Indonesia yang mana mereka dapat berkontribusi, salah satunya melalui inovasi-inovasi riset dalam ilmu ekonomi Islam.

Baca Juga: Industri Keuangan Syariah Berkilau, Laba BRI Syariah Melesat 158,46%

Hal ini selaras dengan yang dikatakan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia ke-13, Bambang Brodjonegoro, "khusus untuk bicara mengenai Indonesia sebagai negara maju, maka kita harus mengubah paradigma pembangunan ekonomi Indonesia dari ekonomi yang berbasis sumber daya alam atau Resource Driven Economy menjadi ekonomi yang berbasis inovasi atau Innovation Driven Economy."

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara webinar Sharia Economics Teacher Workshop yang diadakan The 19th Second pada Kamis (24/9/2020).

Perhelatan ini dibuka oleh Ketua Bidang Daya Saing Ekonomi Islam DPP IAEI, Adiwarnman Karim dan ditutup dengan acara Awarding Night yaitu, pengumuman pemenang lomba kompetisi kuis nasional tingkat SMA/sederaja dan lomba Academic Paper dan Innovation Paper tingkat mahasiswa/i dari seluruh Indonesia.

The 19th Sharia Economics Days menghadirkan beberapa pembicara lainnya yang kompeten terkait ilmu ekonomi Islam, seperti Direktur Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliasa, Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR, Kementerian Keuangan Dwi Irianti Hadiningdyah, Manajer Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Misha Nugraha Ramadhan, Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman, dan Direktur KNEKS Sutan Emir Hidayat.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini