Jokowi Jadikan Ekonomi Kreatif sebagai Tulang Punggung Perekonomian

WE Online, Jakarta - Tim ahli pemenangan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), Andreas Pareira, berpendapat bahwa Capres Jokowi ingin menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

"Capres Joko Widodo menunjukkan kebolehannya ketika menjelaskan tentang pentingnya ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor perekonomian yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan rakyat," kata Andreas di Jakarta, Senin (16/6/2014), menanggapi paparan Capres Jokowi dalam debat capres sesi kedua dengan topik ekonomi dan kesejahteraan rakyat pada Minggu (15/6/2014) malam.

Menurut dia, Jokowi juga menekankan bahwa ekonomi kreatif ini didominasi oleh generasi muda usia kerja yang tidak masuk sektor kerja formal, tetapi membangun basis ekonomi melalui kreasi dan inovasi yang dimilikinya. Jokowi, kata dia, juga menekankan bahwa dengan kekayaan budaya Indonesia yang sangat beragam dan didukung oleh tingginya populasi orang muda maka bangsa Indonesia seharusnya bisa menjadi pengekspor ekonomi kreatif terbesar di dunia.

"Apabila terpilih menjadi presiden dan wapres, Jokowi-JK akan menjadikan ekonomi kreatif (knowledge economy) sebagai salah satu tulang punggung ekonomi nasional," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah akan memberikan perhatian khusus melalui pendidikan-pendidikan dan ketrampilan yang mendukung kreasi dan inovasi generasi muda Indonesia serta memfasilitasi berbagai program ekonomi kreatif untuk mendorong generasi muda Indonesia masuk dalam industri ekonomi kreatif. (Ant)

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini