Kemenparekraf Harap CGI Genjot Industri Kreatif

Kemenparekraf Harap CGI Genjot Industri Kreatif Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berharap Industri permainan (games) Indonesia semakin dikenal di mata internasional. 

Direktur Industri Film, Televisi dan Animasi, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Syaifullah mengatakan Industri pengembangan permainan merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif yang akan dikembangkan di Indonesia. Sudah banyak hasil karya para game developer lokal Indonesia dan bahkan memperoleh penghargaan internasional. 

"Ini membuat usaha industri kreatif khususnya subsektor pengembangan permainan Indonesia semakin dikenal di tingkat dunia," kata Syaifullah kepada wartawan di Bandung, Jumat (16/10/2020).

Pengembangan ekosistem industri permainan yang dilakukan secara serius dan berkelanjutan akan semakin meningkatkan daya saing produk dan pelaku mendorong peningkatan kontribusi terhadap pertumbuhan industri kreatif itu sendiri sekaligus mendorong perekonomian nasional. 

Namun, Syaifullah mengaku sub-sektor ini masih menghadapi banyak tantangan, beberapa di antaranya adalah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) baik secara kuantitas atau kualitas, sedikitnya minat investor pada industri ini dan belum adanya kebijakan proteksi yang memihak pada kepentingan developer domestik. 

"Situasi inilah yang menyebabkan ekosistem sub-sektor ini belum terbangun secara maksimal," ujarnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini