Bank Mandiri Bakal Punya Bos Baru, Siapa Kandidat Terkuat?

Bank Mandiri Bakal Punya Bos Baru, Siapa Kandidat Terkuat? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

PT Bank Mandiri (persero) Tbk akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), hari ini, Rabu (21/10/2020). Adapun salah satu agenda utama rapat tersebut adalah untuk penentuan kursi direktur utama (dirut) yang ditinggalkan Royke Tumilaar ke PT Bank Negara Indonesia Tbk.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo membocorkan, setidaknya ada tiga calon dirut Bank Mandiri. Menurutnya, dari tiga calon itu, dua calon berasal dari internal Bank Mandiri sendiri, dan satu lagi dari eksternal.

Adapun wakil Dirut Bank Mandiri Hery Gunardi yang menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirut sejak ditinggal Royke Tumilaar menjadi salah satu kandidat terkuat yang berasal dari internal Bank Mandiri.

Baca Juga: Bank Mandiri Gelontorkan Kredit PEN Rp350 Miliar ke Vendor Pelindo IV

Beliau memulai karir di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), menjadi anggota tim merger pendirian Bank Mandiri (1998-1999), dan pernah menjabat sebagai Direktur AXA Mandiri Financial Services (2003-2006), sebagai Group Head Wealth Management sekaligus merangkap sebagai Komisaris Utama AXA Mandiri Financial Services (2006-2009).

Pada Tahun 2013, Hery Gunardi diangkat sebagai Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri. Kemudian menjadi Direktur Consumer Banking (2015), Direktur Distributions (2016-2018), Direktur Small Business & Networks (2018) yang selanjutnya mengalami perubahan nomenlaktur menjadi Direktur Business & Networks (2019).

Pada rentang Desember 2019 - Februari 2020 beliau menjabat sebagai Direktur Consumer & Retail Transaction. Kemudian Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri Februari 2020 lalu mengangkat beliau menjadi Wakil Direktur Utama.

Selain itu, ada juga Darmawan Junaidi yang saat ini bertugas sebagai Direktur Treasury, International Banking, and Special Asset Management Bank Mandiri. Beliau mengemban jabatan ini sejak Agustus 2017.

Adapun sepanjang karirnya, Darmawan memang lebih banyak di bidang treasury, sejak merger Bank Mandiri pada tahun 1999 hingga mendapat penugasan sebagai Group Head Treasury Bank Mandiri (BMRI) pada  tahun 2016.

Sementara dari pihak luar, ada Pahala N Mansury yang saat ini menjabat sebagai dirut Bank BTN. Kalau memang benar Pahala bakal didapuk jadi dirut Bank Mandiri, artinya dia bakal pulang kampung ke perusahaan yang pernah membesarkan namanya.

Pasalnya sebelum menjadi dirut Bank BTN, mantan direktur keuangan Pertamina ini pernah menjabat sebagai direktur Finance & Treasury Bank Mandiri selama 2016-2017.

Biar tidak penasaran, kita tunggu saja siapa dirut bank dengan nilai aset terbesar kedua di Indonesia ini pada saat RUPSLB yang rencananya digelar mulai pukul 14.00 WIB di Auditorium Plaza Mandiri Lt 3, Jalan Gatot Subroto Kav 36-38, Jakarta 12190.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini