Kisah Orang Terkaya: Steven Cohen, Miliarder yang Sukses Berkat Aset Manajemen

Kisah Orang Terkaya: Steven Cohen, Miliarder yang Sukses Berkat Aset Manajemen Kredit Foto: REUTERS/Lucy Nicholson

Miliarder asal Amerika, Steven Cohen merupakan salah satu orang terkaya di dunia berkat perusahaannya yang fokus pada manajemen aset. Pria kelahiran 11 Juni 1956 ini adalah pendiri dan CEO Point72 Asset Management, sebuah kantor yang berlokasi di Stamford Connecticut.

Dilansir dari Investopedia di Jakarta, Selasa (27/10/2020) Steve Cohen juga dulunya pendiri SAC Capital Advisers yang sekarang sudah tidak beroperasi, salah satu hedge fund paling sukses yang pernah ada. Pada 2010, perusahaannya sempat menjadi subjek investigasi perdagangan orang dalam yang diluncurkan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Wang Jianlin, Raja Properti yang Belok ke Industri Hiburan

Sementara Cohen sendiri tidak pernah dituntut, perusahaan tersebut mengaku bersalah atas perdagangan informasi non publik dan dipaksa untuk mengembalikan modal investor dan membayar denda sebesar USD1,8 miliar (Rp26 triliun).

SAC secara resmi ditutup pada tahun 2016. Cohen pun mulai menjalani larangan dua tahun untuk mengelola uang investor. Larangan itu berakhir pada Januari 2018.

Pria lulusan Wharton School of Business Universitas Pennsylvania pada tahun 1978 dengan gelar di bidang Ekonomi ini memulai karir sebagai pedagang opsi junior untuk bank investasi butik Gruntal & Co.

Pada tahun 1984, ia mengelola sebuah grup perdagangan di perusahaan tersebut. Selama masa jabatannya di Gruntal & Co., perdagangan Cohen secara rutin menghasilkan USD100.000 sehari untuk perusahaan tersebut dan membantunya membangun kekayaan pribadi yang besar. Pada tahun 1992, dia meluncurkan hedge fund-nya, SAC Capital Advisors tersebut.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini