Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Optimalkan Kinerja, Pelindo 1 Perkuat Layanan Digital

Optimalkan Kinerja, Pelindo 1 Perkuat Layanan Digital Kredit Foto: Pelindo I
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus mengembangkan layanan digital untuk mengoptimalkan kinerja sekaligus meningkatkan layanan pengguna jasa pelabuhan.

Tuntutan digitalisasi semakin tinggi seiring datangnya era industri 4.0 dan adanya pandemi Covid-19 yang membuat orang menghindari kontak langsung guna memutus rantai penyebaran virus.

Baca Juga: Pelindo 1 Targetkan Arus Barang Tumbuh 96,13% di 2020

"Pada tahun ini, kami menginisiasi dan mengembangkan sejumlah layanan digital di seluruh lingkungan Pelindo 1 yang didesain khusus bagi para pengguna jasa sehingga dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja. Kami akan mengoptimalkan layanan tersebut khususnya saat penerapan adaptasi kebiasaan baru agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar," terang Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1, Prasetyo mdalam keterangan resmi di Jakarta.

Prasetyo menjelaskan, salah satu yang tengah dikembangkan adalah layanan digital kepelabuhanan berupa i-Marine dan Port Operation Command Center (POCC).

Sistem ini akan membuat seluruh layanan operasi pelabuhan dapat dikendalikan dalam satu sistem secara real time.

Sistem i-Marine dapat membantu pengguna membuat perencanaan tambat, pemanduan dan penundaan secara online, layanan online meeting, informasi posisi kapal, layanan pemanduan, penundaan, air kapal, dispatching pilot assignment dan tugboat secara real time.

Adapun sistem POCC digunakan sebagai pusat kendali dan koordinasi pelayanan kapal dan terminal serta monitoring antrian kapal.

Menurut Prasetyo, sistem i-Marine dan POCC ini memiliki kontribusi signifikan dalam mendukung bisnis kepelabuhanan bagi pihak internal maupun eksternal, seperti memaksimalkan ketepatan perencanaan penambatan, meningkatkan kinerja operasional, memastikan tercapainya one day billing, ketepatan dalam koordinasi dan pengambilan keputusan serta menyediakan informasi jadwal kegiatan kapal, bongkar muat dan kegiatan operasional pelabuhan lainnya secara real time.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: