Keren, Australia Catatkan Tak Ada Kasus Corona

Keren, Australia Catatkan Tak Ada Kasus Corona Foto: Unsplash/Joey Csunyo

Australia melaporkan nol kasus komunitas harian COVID-19 pada Minggu untuk pertama kalinya dalam hampir lima bulan, yaitu sejak Juni, menurut pejabat kesehatan. Perkembangan itu membuka jalan bagi pelonggaran pembatasan COVID-19 lebih lanjut.

Negara Bagian Victoria, yang menjadi titik nyala COVID-19 dan menyumbang lebih dari 90 persen dari 907 kematian COVID-19 di seluruh Australia, untuk hari kedua mencatat nol kasus harian dan kematian.  

Dengan tidak adanya kasus baru di seluruh negeri, Australia menyaksikan hari pertama tanpa transmisi sejak 9 Juni, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt.

"Terima kasih kepada seluruh petugas kesehatan dan petugas kesehatan masyarakat kita yang sangat luar biasa dan terutama masyarakat Australia," cuit Hunt di Twitter.

Serangkaian langkah yang cepat dan tepat, serta didukung dengan kepatuhan masyarakat, berperan penting dalam mengendalikan pandemi sebelum membuat sistem kesehatan publik di Australia kewalahan.

Victoria pekan lalu mengakhiri sebagian besar pembatasan COVID-19 selama 111 hari, beberapa paling ketat dan terlama di dunia.

Australia mengonfirmasi hanya lebih dari 27.500 kasus sejak awal pandemi, sebab negara itu langsung menutup perbatasan internasional dan memberlakukan pembatasan sosial serta memperbanyak pengujian dan penelusuran kasus.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini