2020, Rasio Elektrifikasi Jabar Tembus 99,5%

2020, Rasio Elektrifikasi Jabar Tembus 99,5% Foto: Rahmat Saepulloh

Sepanjang 2020, pelanggan PLN Jawa Barat bertambah sebanyak 357 Ribu pelanggan sehingga saat ini sudah melayani hampir 15 Juta Pelanggan. Adapun, Rasio Elektrifikasi menjadi 99.5% . Namun demikian, saat ini masih terdapat 204.608 KK yang belum berlistrik. 

Direktur Niaga dan Managemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan untuk mendukung peningkatan rasio elektrifikasi, PLN memberikan bantuan CSR PLN Peduli dan Bina Lingkungan sebesar 300 Juta Rupiah kepada Dinas ESDM Jawa Barat untuk penyambungan 365 pelanggan (Instalasi, SLO, dan Biaya Penyambungan) melalui PLN Jawa Barat.  

Baca Juga: Penuhi Permintaan EBT, PLN Luncurkan Sertifikat Energi Terbarukan

Upaya mendukung salah satu program Gubernur Jawa Barat yaitu peningkatan konsumsi energi listrik per kapita dengan target 1.693 kWh/Kapita pada tahun 2025, dimana pada tahun 2019 telah tercapai 1.032 kWh/Kapita yang pencapaiannya lebih tinggi dari konsumsi listrik per kapita secara Nasional, PLN Jawa Barat telah berhasil mencatatkan pertumbuhan konsumsi energi listrik sebesar 3% sampai triwulan I 2020. 

"Tetapi akibat terjadinya Pandemi COVID19, telah terjadi penurunan  konsumsi energi listrik sebesar -1.9% pada triwulan II dan III," kata Bob saat Peresmian Stasiun Pengisian Listrik Kendaraam Umum (SPLU) PLN di Bandung, Senin (2/11/2020).

Baca Juga: PLN Menawarkan Suplai Listrik dan Uap ke Wilayah Kerja Rokan, Pertamina Siap Bahas Kerja Sama

Menurutnya, penurunan konsumsi energi listrik terbesar terjadi di kelompok pelanggan industri -11.7% dan di kelompok pelanggan bisnis sebesar -4.4%, sedangkan di kelompok pelanggan rumah tangga justru mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 10.9%. Namun demikian, di dua bulan terakhir telah terlihat tren yang semakin membaik di seluruh kelompok pelanggan. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini