Kisah Orang Terkaya: Carl Icahn, Miliarder Sang Perampok Perusahaan

Kisah Orang Terkaya: Carl Icahn, Miliarder Sang Perampok Perusahaan Kredit Foto: REUTERS/Brendan McDermid

Miliarder Carl Icahn merupakan salah satu orang terkaya dunia yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Pria kelahiran 16 Februari 1936 ini adalah seorang pengusaha dan filantropis Amerika. Dia adalah pendiri dan pemegang saham pengendali Icahn Enterprises, sebuah perusahaan induk konglomerat yang berbasis di New York City. Dia juga Ketua Federal-Mogul, pengembang, produsen, dan pemasok komponen powertrain dan produk keamanan kendaraan Amerika.

Pada 1980-an, Icahn mengembangkan reputasi sebagai "perampok perusahaan" setelah mendapat untung dari pengambilalihan yang tidak bersahabat dan pelucutan aset dari maskapai Amerika TWA.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Radhakishan Damani, Pedagang Kecil yang Jadi Raja Ritel India

Icahn bahkan sempat menjabat sebagai penasihat ekonomi khusus untuk regulasi keuangan kepada Presiden AS Donald Trump sebentar pada tahun 2017, namun ia berhenti di tengah kekhawatiran konflik kepentingan.

Pria 84 tahun ini merupakan lulusan Princeton University dan memperoleh gelar Bachelor of Arts dalam bidang filsafat pada tahun 1957. Sebelumnya, ia mengikuti keinginan ibunya dan mendaftar di New York University School of Medicine tetapi ia keluar meninggalkan studinya setelah dua tahun bergabung dengan tentara AS.

Setelah bertugas di tentara AS, ia memulai karirnya sebagai pialang saham pada tahun 1961. Ia mendirikan perusahaan sekuritas Icahn & Co. pada tahun 1968. Perusahaan ini berurusan dengan perdagangan opsi dan arbitrase risiko. Dia mengambil pinjaman sebesar USD400.000 dari seorang paman untuk membeli tempat di Bursa Efek New York.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini