Apa Itu Pasal 5 UU Ciptaker?

Apa Itu Pasal 5 UU Ciptaker? Foto: Rawpixel

Pasal 5 UU Ciptaker adalah pasal yang kontroversial lantaran pasal selanjutnya menyebut Pasal 5 ayat 1, sementara tidak ada ayat 1 di sana. Dalam dokumen UU Cipta Kerja beredar di dunia maya, kejanggalan pada Pasal 5 membuat ribut hingga trending di Twitter. 

Di pasal berikutnya, yakni pada Pasal 6, dituliskan bahwa peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha mengacu pada Pasal 5 ayat (1), namun ayat 1 yang disebutkan justru tidak ada.

Baca Juga: Apa Itu Deflasi?

Adapun bunyi dari Pasal 5 adalah: "Ruang lingkup sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 meliputi bidang hukum yang diatur dalam undang-undang terkait."

Presiden Joko Widodo sendiri telah resmi meneken omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dengan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja pada Senin (2/11/2020). Adapun jumlah halaman UU Cipta Kerja berisi 1.187 halaman.

Salinan UU Ciptaker ini pun sudah diunggah di situs resmi Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) dan bisa diakses publik lewat jdih.setneg.go.id. Itu berarti, UU Ciptaker sudah berlaku per 2 November 2020.

UU Cipta Kerja ini sejatinya menuai kontroversi oleh banyak pihak dan menjadi sorotan publik karena berbagai hal; mulai dari jumlah halaman yang berubah-ubah, hilangnya pasal 46, dan kini ada kejanggalan pada pasalnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini