Kisah Orang Terkaya: Budi Hartono, Bos Djarum Sang Konglomerat Terkaya RI

Kisah Orang Terkaya: Budi Hartono, Bos Djarum Sang Konglomerat Terkaya RI Foto: Forbes

Robert Budi Hartono masih menempati ranking satu dalam daftar orang terkaya Indonesia tahun 2020 versi Forbes. Berdasarkan Forbes Real Time Net Worth, harta kekayaannya hari ini mencapai USD17,4 miliar (Rp252 triliun).

Nama Robert Budi Hartono menjadi besar lantaran perusahaannya yang tak kalah besar. Perusahaan itu adalah Djarum Group yang menjadi perusahaan konglomerat di Indonesia.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Carl Icahn, Miliarder Sang Perampok Perusahaan

Pria kelahiran Semarang, 28 April 1940 ini merupakan anak kedua dari pendiri awal Djarum yaitu Oei Wie Gwan. Robert merupakan keturunan Tionghoa-Indonesia yang memiliki nama Toinghoa, Oei Hwie Tjhong.

Bersama kakaknya, Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang, mereka menjadikan Djarum Group hingga sebesar sekarang dan membawanya menjadi orang terkaya di Tanah Air.

Dulu, Djarum hanya sebuah bisnis rokok kretek lokal yang pabriknya pernah mengalami kebakaran hebat hingga semua asetnya habis dan bisnisnya berada diujung jurang. Musibah itu terjadi pada tahun 1963. Di tahun itu pula lah, Oei Wie Gwan, ayah Hartono meninggal. 

Hartono pun memikul beban tanggungjawab atas keselamatan bisnis ini. Bersama kakaknya, Michael Bambang Hartono, mereka bahu membahu membuat perusahaan yang tadinya hampir 'mati' bangkit kembali.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini