Brasil Berambisi Bikin Mata Uang Digital Sendiri, Terbit 2 Tahun Lagi

Brasil Berambisi Bikin Mata Uang Digital Sendiri, Terbit 2 Tahun Lagi Foto: Unsplash/André François McKenzie

Menteri Ekonomi Brasil Paulo Guedes mengatakan bahwa Brasil akan menerbitkan mata uang digital bank sentralnya sendiri, atau CBDC.

Guedes membuat pernyataan pada Kamis dalam sebuah upacara merayakan 100 juta rekening tabungan digital yang dibuka di Caixa Economica Federal.

"Sekarang bank sentral sudah otonom lagi, juga luar biasa dalam dimensi digital: Pix, OpenBank, fintech, dan mata uang digital. Brasil akan memiliki mata uang digitalnya sendiri. Brasil memimpin di depan banyak negara," katanya dikutip dari Cointelegraph, Jumat (6/11/2020).

Baca Juga: Pecah Rekor Baru, Bitcoin Tembus All Time High!

Ini pertama kalinya Menkeu berbicara langsung soal itu, meski belum merinci lebih lanjut proyek CBDC yang dilakukan bank sentral.

Banco Central do Brasil mengumumkan sebelumnya pada Agustus bahwa mereka telah membentuk kelompok studi untuk kemungkinan penerbitan real digital.

Karena itu, presiden bank sentral, Roberto Campos Neto, telah mengatakan bahwa Brasil membutuhkan 'perbaikan' dalam mata uangnya dan hal ini akan terjadi dalam lingkup Pix-sistem pembayaran digital federal yang baru:

"Dalam kasus kami, Pix sangat penting karena mulai sekarang, kami melihat penyatuan bentuk pembayaran yang instan, terbuka, dan dapat dioperasikan dengan sistem data terbuka. Mereka akan bertemu di suatu tempat di masa depan dengan mata uang yang belum disempurnakan," katanya.

Selain itu, meskipun bank sentral belum mengungkapkan bagaimana versi digital sebenarnya akan bekerja, Campos Neto telah menyatakan akan beredar paling cepat pada 2022.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini