Jack Ma Kritik Pedas Regulasi, Orang-Orang China Marah Besar

Jack Ma Kritik Pedas Regulasi, Orang-Orang China Marah Besar Foto: Reuters/Bobby Yip

Sebentar lagi Ant Group milik Jack Ma yang terafiliasi dengan Alibaba akan dual listring di Shanghai dan Hong Kong. Namun, regulator China dan pejabat Partai Komunis mengekang kerajaan keuangan Ma yang menguasai China ini sehingga berakhir pada penangguhan IPO.

Jack Ma rupanya tak menyadari dampak kata-katanya yang menyebutkan bahwa "sistem regulasi menghambat inovasi dan harus direformasi untuk mendorong pertumbuhan". Karena itulah regulator China memanggil Ma dan menangguhkan IPO Ant Group.

Baca Juga: IPO Ditunda hingga Saham yang Anjlok, Jack Ma Pasrah Kekayaannya Turun Rp37 Triliun

Dilansir dari Reuters di Jakarta, Jumat (6/11/2020) seorang sumber terdekat Ma turut menyarankan agar pria 56 tahun ini bisa melunakkan ucapannya saat pertemuan nanti. Hal ini karena beberapa regulator keuangan paling senior di China akan hadir. Namun, Ma menolak untuk mengalah, ia percaya harus dapat mengatakan apa yang ia inginkan.

"Jack adalah Jack. Dia hanya ingin mengutarakan pikirannya," ujar sumber tersebut.

Itu adalah kesalahan perhitungan yang mahal. Beberapa pejabat senior regulasi keuangan sangat marah atas kritik Ma, dua sumber mengatakan kepada Reuters bahwa pidato tersebut bak "pukulan di wajah mereka".

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini