Kritik Jack Ma Berbuah Penangguhan Debut Saham di Bursa, Ada Apa Sebenarnya?

Kritik Jack Ma Berbuah Penangguhan Debut Saham di Bursa, Ada Apa Sebenarnya? Foto: REUTERS/Shu Zhang

Debut saham perusahaan afiliasi Alibaba, Ant Group, mengalami penangguhan pada pekan ini. Sebenarnya, apa alasan di balik penundaan dari pihak regulator itu?

Melansir Reuters, Jumat (6/11/2020), China menghentikan IPO bernilai 37 miliar dolar AS itu pada Selasa (3/11/2020); berdampak pada saham Alibaba dan kekayaan Jack Ma.

"Penundaan rencana penawaran umum (IPO) Ant Group di China berlandaskan pertimbangan komprehensif tentang menjaga kepentingan konsumen dan investor keuangan," ujar Pejabat Senior Bank Sentral China.

Baca Juga: Jack Ma Kritik Pedas Regulasi, Orang-Orang China Marah Besar

Baca Juga: Diboikot Swedia, Raksasa Teknologi Musuh Amerika Ini Ajukan Banding ke Meja Hijau

Lebih lanjut, keputusan itu berlangsung di tengah upaya regulator mencegah risiko keuangan sistemik dan mengekang meningkatnya utang. Hal itu membuat para eksekutif berlomba memenuhi peraturan yang lebih ketat.

Wakil Gubernur Bank Sentral China (PBOC), Liu Guoqiang berujar, "keputusan itu diambil sesuai dengan hukum dan peraturan ... dan itu berkaitan dengan menjaga stabilitas, perkembangan pasar yang sehat dalam jangka panjang."

Komisi Pengaturan Perbankan dan Asuransi China (CBIRC) pun mendukung keputusan Bursa Efek Shanghai yang menunda debut saham Ant Group. Padahal, seharusnya, Ant Group melantai di bursa saham Hong Kong dan Shanghai pada Kamis (5/11/2020).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini