Benarkah Habib Rizieq Cucu Nabi Muhammad SAW?

Benarkah Habib Rizieq Cucu Nabi Muhammad SAW? Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Muhammad Rizieq Shihab, telah tiba di Indonesia dari Arab Saudi pada Selasa (10/11/2020). Ratusan ribu simpatisan langsung menjemput kedatangan Habib Rizieq di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Mereka bahagia Habib Rizieq kembali ke Tanah Air.

Habib Rizieq pergi dari Indonesia sejak April 2017. Ia merupakan deklarator berdirinya Front Pembela Islam di Pondok Pesantren Al-Umm, Tangerang pada 17 Agustus 1998. Dia menjadi Ketua Umum FPI dari 1998 hingga 2013.

Pada Agustus 2013, Habib Rizieq dikukuhkan sebagai Imam Besar FPI seumur hidup dalam Musyawarah Nasional (Munas) FPI. Lalu, seperti apa silsilah Habib Rizieq yang disebut memiliki keturunan dengan Nabi Muhammad?

Baca Juga: Teriakkan Nama Habib Rizieq, Apesnya Prajurit TNI Kena Sanksi Militer

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (11/11/2020), Habib Rizieq lahir di Jakarta, 24 Agustus 1965. Ia merupakan anak kelima dari pasangan Habib Hussein bin Muhammad Shihab dan Syarifah Sidah Alatas. Kedua orang tuanya merupakan orang Betawi keturunan Hadhrami.

Ayahnya, Habib Husein bin Muhammad bin Husein bin Abdullah bin Husein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab yang lahir sekitar 1920, adalah salah seorang pendiri Gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada 1937.

Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).

Ayahnya wafat tahun 1966, saat itu Habib Rizieq masih berusia 11 bulan. Sejak itu, Habib Rizieq diasuh oleh ibunya dan tidak dididik di pesantren. Namun, ia mulai rajin mengaji di masjid-masjid dekat rumahnya setelah beranjak usia 4 tahun.

Menurut Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar Smith, nasab Habib Rizieq terkait Nabi Muhammad SAW sangat jelas. Habib Rizieq berasal dari Qabilah (marga) Bin Shihab (sebagian menyebutkan Bin Shahab atau Bin Shihabuddin).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini