Tahun Penuh Tekanan, Bill Gates Bagikan Cara Lewati 2020 yang Tinggal Sebulan Lagi

Tahun Penuh Tekanan, Bill Gates Bagikan Cara Lewati 2020 yang Tinggal Sebulan Lagi Kredit Foto: Instagram/thisisbillgates

Bill Gates memberikan saran agar setiap orang bisa melalui tahun 2020 yang tersisa satu bulan lagi hingga pandemi Covid-19 dapat segera berlalu. Sebagaimana kita ketahui, pandemi telah memukul banyak bisnis hingga merusak ekonomi global.

Selama hampir satu tahun ini, pandemi telah menyebabkan resesi hingga jutaan orang kehilangan pekerjaan. Menurut Gates, sangat mudah untuk bertahan. Kita harus bisa mengendalikan dunia sekitar kita, terutama di saat-saat seperti ini.

Baca Juga: Mencari Barang Mewah saat Bill Gates dan Mark Zuckerberg Bertemu, Ternyata...

Hal yang paling mudah dilakukan adalah mulai dari diri sendiri, seperti disiplin memakai masker dan jaga jarak. Hal ini karena vaksin bisa saja belum tersedia secara luas hingga tahun depan.

Namun, menurut Gates, perubahan adalah hal yang secara alamiah ditentang banyak orang. Jauh lebih mudah untuk menyalahkan faktor eksternal atas situasi yang kita hadapi.

"Namun, mengubah situasi kita bisa sesederhana mengubah cara kita berinteraksi," terang Gates.

Menurut Gates, apabila kita bersedia mengubah perilaku sedikit saja, mudah-mudahan dunia bisa kembali normal dengan lebih cepat.

“Sayangnya, kami mendapat banyak kelelahan dan banyak pesan buruk tentang hal-hal ini. Kepatuhan terhadap masker sebenarnya sangat buruk," ujar Gates.

Gates juga menggarisbawahi bahwa memakai masker benar-benar merupakan "harga" yang kecil, dibandingkan hilangnya produktivitas, nyawa seseorang dan hidup normal yang telah hilang dari diri kita.

Menjalani sisa tahun ini sangat sederhana, cukup mengubah cara kita berinteraksi, dan cara kita berperilaku. Jika kita melakukan itu, kita dapat mengubah keadaan kita.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini