Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hai Milenial, Masa Depan UMKM Ada di Tanganmu

Hai Milenial, Masa Depan UMKM Ada di Tanganmu Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) optimis generasi milenial Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak UMKM baru (new UMKM) sebagai kekuatan perekonomian Indonesia. Milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi UMKM Indonesia.

"Sementara itu, milenial yang memiliki jiwa tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi menjadi sumber dalam penciptaan wirausaha milenial (millenial-preneur) baru yang unggul menuju pasar global," demikian disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam pembukaan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III dengan tema “UMKM Sahabat Milenial”, hari ini (20/11/2020) secara virtual.

Tema Pameran KKI Seri III merupakan harapan sekaligus optimisme terhadap kiprah pelaku wirausaha milenial untuk turut meningkatkan kesejahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan.

Baca Juga: Bangkit Pasca Pandemi Covid-19, UMKM Siap Go Digital

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Negara Republik Indonesia, Hj. Iriana Joko Widodo menyampaikan karakteristik generasi milenial yang adaptif terhadap teknologi digital dan memiliki jejaring luas di media sosial menjadi potensi bagi milenial untuk berwirausaha.

"Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan budaya kewirausahaan bagi generasi milenial Indonesia untuk menciptakan produk UMKM Indonesia agar semakin dikenal di mancanegara, yang pada akhirnya turut mendorong pemulihan ekonomi nasional," ungkap Iriana.

Pameran KKI merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BI, dengan bersinergi bersama Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM. Pameran KKI Seri III berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Pameran KKI di tahun 2020.

Seri I dilaksanakan pada 28-30 Agustus 2020 bertemakan “Sinergi untuk UMKM Ekspor”, sedangkan KKI Seri II bertemakan “Sinergi untuk UMKM Digital” pada 7-9 Oktober 2020.

Selain menghadirkan produk premium kain dan kerajinan unggulan karya UMKM binaan BI melalui platform virtual pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id, dalam KKI Seri III juga akan dilaksanakan dialog kopi, edukasi onboarding, temu bisnis dan konsultansi bisnis, serta pagelaran karya kreatif (fashion show).

KKI 2020 Seri III ini diikuti oleh 379 UMKM binaan BI yang terdiri atas 127 pengrajin kain, 75 kerajinan, dan 177 makanan minuman olahan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: