Apa Itu Diskon?

Apa Itu Diskon? Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Diskon adalah potongan harga yang diberikan oleh penjual agar pembeli tertarik untuk membeli produk yang didiskon tersebut. Adapun diskon yang diberikan oleh penjual juga beragam macamnya mengikuti situasi yang sedang terjadi.

Diskon juga berarti pengurangan harga produk atau layanan dari harga biasa. Diskon akan dilakukan dengan pengurangan harga sebab penjual memotong diskon dari harga kotor atau total. Sehingga, pembeli seharusnya membayar dengan harga bersih yang sudah dipotong tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Disinvestasi?

Keuntungan Diskon

Adanya diskon dapat membawa keuntungan sendiri pada suatu bisnis. Keuntungan itu adalah sebagai berikut:

1. Menarik Pelanggan

Diskon akan menarik lebih banyak pelanggan. Hal ini karena orang-orang cenderung akan melihat-lihat sehingga dapat menarik mereka untuk bertanya kepada karyawan atau langsung membelinya.

2. Mengosongkan Penyimpanan Produk

Barang-barang yang belum terjual biasanya disimpan di ruang penyimpanan. Dengan adanya diskon, maka penyimpanan dapat lebih luas hal itu karena produk yang didiskon dapat disimpan ke depan toko untuk pajangan. Dengan demikian, ruang penyimpanan akan kosong dari produk tersebut. Terlebih, apabila produk itu sudah tak akan lagi dijual.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini