Diam-diam MBS Jamu Netanyahu, Eh Malah Kerajaan yang Repot Bikin Klarifikasi

Diam-diam MBS Jamu Netanyahu, Eh Malah Kerajaan yang Repot Bikin Klarifikasi Foto: Reuters/Saudi Royal Court/Bandar Algaloud

Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan membantah laporan media bahwa Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS) mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu di Kerajaan Saudi.

"Saya telah melihat laporan pers tentang pertemuan yang diklaim antara Yang Mulia Putra Mahkota dan pejabat Israel selama kunjungan baru-baru ini oleh @SecPompeo (Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo). Tidak ada pertemuan seperti itu yang terjadi. Satu-satunya pejabat yang hadir adalah orang Amerika dan Saudi," tulis Faisal bin Farhan di Twitter pada Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Diam-diam Netanyahu Jumpai MBS, Pompeo Langsung Nyusul ke Arab Saudi

Sebelumnya pada hari Senin, Army Radio Israel yang mengutip seorang anggota kabinet Israel melaporkan bahwa Benjamin Netanyahu telah melakukan perjalanan mendadak ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammad bin Salman dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Fakta bahwa pertemuan itu terjadi dan diumumkan ke publik, meskipun sekarang setengah resmi, adalah masalah yang sangat penting," kata Yoav Galant, anggota kabinet keamanan Netanyahu dan polisi Partai Likud, kepada Army Radio Israel.

The Wall Street Journal, mengutip salah satu penasihat senior Arab Saudi, melaporkan para pemimpin membahas beberapa masalah, termasuk normalisasi hubungan dan masalah Iran. Namun, tidak ada kesepakatan substansial yang dicapai. Pejabat itu mengatakan pertemuan berlangsung beberapa jam.

Laporan media Israel berbahasa Ibrani, mengutip pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa Netanyahu ditemani oleh Kepala Mossad Yossi Cohen. Kantor perdana menteri Israel sejauh ini menolak berkomentar tentang masalah tersebut. 

Secara terpisah, situs web pelacakan penerbangan, yang secara universal dikutip di Twitter, menunjukkan sebuah jet pribadi—yang sebelumnya telah digunakan oleh Netanyahu— lepas landas dari Tel Aviv ke kota Neom di Laut Merah Saudi, tempat Pangeran Mohammad dan Pompeo bertemu pada Minggu malam. Pesawat itu tetap di kota tersebut selama beberapa jam sebelum kembali ke Israel.

Pompeo bepergian dengan beberapa reporter Amerika dalam perjalanan internasionalnya tetapi meninggalkan mereka di Bandara Neom ketika dia pergi ke kunjungannya dengan putra mahkota.

Belakangan, Pompeo men-tweet bahwa dia melakukan kunjungan konstruktif ke Neom, sebuah kota di Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi, meskipun dia tidak menyebut ada pihak Israel yang terlibat dalam pertemuan tersebut.

"Amerika Serikat dan Arab Saudi telah menempuh perjalanan jauh sejak Presiden Franklin Delano Roosevelt dan Raja Abdulaziz al-Saud pertama kali meletakkan dasar bagi hubungan kami 75 tahun lalu," kata Pompeo.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini