Demo Pendukung Habib Rizieq vs Nikita Mirzani Berujung Ricuh

Demo Pendukung Habib Rizieq vs Nikita Mirzani Berujung Ricuh Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Massa mengatasnamakan Aliansi Arek Suroboyo menggelar aksi penolakan terhadap Front Pembela Islam (FPI) dan kabar kedatangan pemimpin organisasi tersebut, Habib Rizieq Shihab (HRS) di jalan depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 24 November 2020.

Aksi itu berujung bentrok antara massa pendemo dengan puluhan orang diduga dari FPI. Massa berkumpul di lokasi sekira pukul 13.00 WIB. Dengan tertib, mereka kemudian berbaris di sisi selatan jalan, tepat di depan patung Gubernur Suryo di seberang Grahadi.

Baca Juga: Ceramah Habib Rizieq Dikritisi, FPI: Biar Gampang Dipahami

Massa kemudian membentangkan beberapa spanduk berisi kalimat tuntutan aksi. Satu di antaranya spanduk bergambar wajah Nikita Mirzani berjilbab.

Di spanduk bergambar Nikita, terdapat tulisan: Ini Hati Bukan Roti yang Bisa Dibagi (NKRI Harga Mati). Ada spanduk bertulisan 'Arek Suroboyo Tolak FPI' dan 'Tolak Rizieq Shihab'. 

"Ini aksi solidaritas kami warga Jatim, khususnya Surabaya. Jadi kami menolak kehadiran Habib Rizieq dan akan mengadang rencana kunjungan tersebut sebagai bentuk warga Jatim yang cinta damai dan tidak suka keoonaran,” kata koordinator aksi, Ahmad Zazuli. 

Ia juga menyinggung organisasi yang dipimpin Rizieq Shihab, FPI. Menurutnya, sepak terjang FPI membahayakan persatuan Indonesia. Ceramah HRS juga berpotensi memecah belah bangsa. Atas alasan itu Arek Suroboyo menolak kedatangan HRS.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini