Duel Perusahaan Milik Konglomerasi Ciputra Group: Tak Seperti Pinang Dibelah Dua!

Duel Perusahaan Milik Konglomerasi Ciputra Group: Tak Seperti Pinang Dibelah Dua! Foto: Sufri Yuliardi

Ciputra Group lahir dari tangan dingin seorang Ciputra, sosok taipan yang dikenal dengan konglomerasi bisnisnya di bidang properti. Tahun 2016 silam, tiga perusahaan milik Ciputra dilebur menjadi satu, yakni PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Ciputra Surya Tbk (CTRS), dan PT Ciputra Property Tbk (CTRP).

Ciputra Development menjadi entitas perusahaan yang dipertahankan dalam aksi merger tersebut. Selain Ciputra Development, Ciputra Group juga memiliki jaringan bisnis di bidang teknologi dan informasi, yakni PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL). Baca Juga: Nasib 8 Perusahaan di Konglomerasi Bisnis Sinar Mas Group

Tak seperti pinang dibelah dua, kedua perusahaan yang sama-sama berada di bawah naungan Ciputra Group tersebut memiliki kinerja yang berbeda pada kuartal III 2020. Satu perusahaan harus mengalami penurunan keuntungan, sedangkan satu lainnya bernasib sebaliknya. Untuk lebih jelas, simak rangkuman berikut ini. Baca Juga: Nasib 6 Perusahaan Properti IDX80 Ngeri-Ngeri Sedap: Laba Amblas dan Merugi

1. Ciputra Development

Induk usaha Ciputra Group, yakni PT Ciputra Development Tbk (CTRA) membukukan laba bersih sebesar Rp232,18 miliar pada kuartal ketiga tahun 2020. Capaian tersebut menurun 44,27% dari laba kuartal ketiga tahun 2019 yang kala itu mencapai Rp416,64 miliar.

Koreksi laba tesebut disebabkan oleh penurunan pendapatan yang diterima Ciputra Development dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Merujuk ke laporan keuangan perusahaan, pendapatan CTRA ini turun 9,01% dari Rp4,66 triliun pada September 2019 menjadi Rp4,24 triliun pada September 2020.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini