Resesi, Krisdayanti: Banyak Startup Bakal Berguguran

Resesi, Krisdayanti: Banyak Startup Bakal Berguguran Foto: (Foto: Okezone.com/Giri)

Pandemi Covid-19 menekan sektor ekonomi Indonesia. Hal ini seiring efek dari resesi ekonomi yang terjadi di Indonesia.

Anggota Komisi IX dari fraksi PDI Krisdayanti mengatakan, hingga akhir tahun diproyeksi 15 juta pekerja akan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal ini itu juga terjadi pada perusahaan startup yang akan berguguran.

Baca Juga: Mandiri Capital Investasikan Rp1 Triliun ke Startup Lokal

"Karena ini jumlah pekerjaan ada 15 juta terimbas di akhir tahun 2020 nanti yang mana perusahaan startup akan berguguran," kata Krisdayanti dalam video virtual, Rabu (25/11/2020).

Kata dia, daya beli masyarakat menurun di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuat usaha kecil dan menengah (UMKM) tertekan. Hingga membuat UMKM harus menelan rugi yang banyak.

"Ini juga mereka mati-matian UMKM-nya, tapi daya beli mereka kecil dan pekerjaan yang akan tambah tidak meng-cover banyak pengangguran," tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 29,12 juta orang penduduk usia kerja terdampak pandemik Covid-19.

Rinciannya, dari 29,12 juta orang yang terdampak pandemi, yakni pengangguran karena Covid-19 sebesar 2,56 juta orang, bukan angkatan kerja karena Covid-19 sebesar 0,76 juta orang.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini