Apa Itu Diversifikasi?

Apa Itu Diversifikasi? Foto: Unsplash/Rawpixel

Diversifikasi adalah usaha penganekaragaman produk atau bidang usaha yang dilakukan suatu perusahaan atau investor untuk memaksimalkan keuntungan sehingga arus kas perusahaan dapat lebih stabil. Ini dilakukan perusahaan untuk mengatasi krisis ekonomi.

Selain itu, diversifikasi bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan dengan berinvestasi di area berbeda yang masing-masing akan bereaksi berbeda terhadap peristiwa yang sama.

Baca Juga: Apa Itu Diskonto Bank?

Sebagian besar profesional investasi setuju bahwa, meskipun tidak menjamin kerugian, diversifikasi adalah komponen terpenting untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang sambil meminimalkan risiko.

Sehingga apabila suatu perusahaan mengalami kemerosotan pendapatan atau bahkan kerugian, di salah satu perusahaan lain atau negara/daerah, di sana bisa mendapatkan kelebihan pendapatan, sehingga kekurangan yang terjadi bisa tertutupi.

Biasanya hal ini dilakukan oleh perusahan besar karena dengan demikian perusahaan dapat menjamin pendapatan atau arus kas yang lebih stabil sehingga meningkatkan kepercayaan kepada pemegang saham.

Diversifikasi dalam saham juga perlu dilakukan. Katakanlah Anda hanya memiliki portofolio saham maskapai penerbangan. Jika diumumkan bahwa pilot maskapai penerbangan akan mogok tanpa batas dan semua penerbangan dibatalkan, harga saham maskapai penerbangan akan turun.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini