Mau Kurangi Dampak Perang Dagang, Apple Pindahkan Produksi dari China ke ....

Mau Kurangi Dampak Perang Dagang, Apple Pindahkan Produksi dari China ke .... Foto: Unsplash/Wes Hicks

Salah satu pemasok terbesar Apple, Foxconn, memutuskan memindahkan sebagian produksi dari Vietnam ke China, atas permintaan dari Apple Inc.

Menurut keterangan narasumber anonim, dilansir dariĀ Reuters, Jumat (27/11/2020), produksi unit iPad dan MacBook akan pindah ke Vietnam demi mengurangi dampak perang perdagangan antara China-AS.

"Apple yang meminta langkah itu. Perusahaan ingin mendiversifikasi produksi akibat perang dagang antara AS-China," ujar narasumber itu.

Baca Juga: Diduga Sengaja Perlambat Kinerja iPhone, Apple Kena Denda Segini!

Baca Juga: Elu-elukan Amerika Kembali, Biden Perkenalkan Calon Anggota Kabinet Pemerintahannya

Asal tahu saja, pabrikan asal Taiwan itu memang telah mempertimbangkan memindahkan sejumlah produksi dari China ke negara seperti Vietnam, Meksiko, dan India.

Narasumber menambahkan, "Foxconn sedang berupaya membuka jalur perakitan iPad dan MacBook di pabrik di Provinsi Bac Giang, timur laut Vietnam. Jalur produksi itu akan mulai berjalan pada paruh pertama 2021."

Nantinya, jalur produksi baru itu akan mengambil alih beberapa produksi perangkat dari China. Akan tetapi, narasumber tak menyebutkan rincian jumlah produksi yang akan pindah ke Vietnam.

"Sebagai bagian dari kebijakan perusahaan dan karena alasan sensitivitas komersial, kami tak mengomentari apapun tentang pekerjaan kami untuk klien ataupun produk mereka," begitu respons Foxconn soal kabar ini.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini