Gagal Bisnis Jangan Langsung Down, Sandiaga Uno Ungkap 5 Cara Mulai Bisnis Kembali dari Nol

Gagal Bisnis Jangan Langsung Down, Sandiaga Uno Ungkap 5 Cara Mulai Bisnis Kembali dari Nol Foto: Posthink.Idn

Pengusaha dan tokoh politik, itulah gelar yang hari ini Sandiaga Uno miliki. Namun, Sandiaga Uno atau yang kerap disapa Sandi atau Bang Sandi ini lebih terkenal sebagai sosok pengusaha. Ibaratnya, asam manis pahit hingga asin air garam sudah Bang Sandi 'nikmati' dalam setiap merintis usahanya.

Dalam bincang-bincang bersama Pandji Pragiwaksono di Channel YouTube Pandji Pragiwaksono, Sandiaga Uno mengungkap 5 cara memulai bisnis kembali dari nol. Setelah gagal berbisnis, jangan langsung down ya, lebih baik simak tips ini baik-baik!

Baca Juga: Ignasius Jonan Bergabung, Performa Bisnis dan Keuangan Sido Muncul Ternyata....

1. Cari Mentor

Sebagai seorang pengusaha biasanya orang hanya melihat dari satu sisi bisnis yang mereka kuasai. Padahal, ada sisi lain yang bisa jadi sama sekali belum diperhatikan hingga menjadi hal yang tidak dikuasai. Dan kebanyakan para pengusaha baru menyadari hal itu saat teori angsa atau Black Swan muncuk, yaitu suatu keadaan besar yang datang tak terduga dan tak bisa diprediksikan.

Kehadiran mentor bisa membantu. Meski setiap perusahaan menawarkan hal yang berbeda dalam mentor ini. Entah dalam posisi sebagai komisaris atau bahkan 'sekedar' teman diskusi dalam berbisnis yang rutin bertemu setiap bulan.

2. People (SDM)

Setelah gagal bisnis yang pertama, saat ingin memulai bisnis kembali dari nol hal yang juga harus dilakukan adalah mencari Sumber Daya Manusia (SDM) alias karyawan terbaik yang satu visi dengan perusahaan. Dalam merekrut pegawai, cukup memiliki 3 kunci saja yaitu integritas, intelektual dan energi. Saat pegawai itu memiliki kunci motivasi untuk sama-sama membangun bisnis, maka hal itu wajib dipertimbangkan untuk memasukkan ke dalam tim.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini