Salip India dan Israel, China Hampir Sejajar Sama Rusia dan Amerika, dari Segi ....

Salip India dan Israel, China Hampir Sejajar Sama Rusia dan Amerika, dari Segi .... Foto: Redaksi 1

Tahukah Anda? China kini termasuk ke dalam daftar negara yang sukses mengaspal ke Bulan lewat Misi Chang'e 1-4. Bahkan, mereka berhasil menjalankan pesawat eksplorasi di sana.

Mengutip Live Science, Jumat (27/11/2020), Chang'e bertugas membawa sampel dari Bulan ke Bumi; sebuah langkah menantang karena risiko kegagalannya tergolong tinggi.

Sebab, India dan Israel gagal melakukan hal itu pada tahun lalu. Sesaat setelah mendarat di Bulan, wahana penjelajah Lembaga Penelitian Angkasa India (ISRO), Vikram, hilang kontak dengan tim di Bumi.

Baca Juga: Kacau, Polisi Kanada Kongkalikong Sama Amerika Buat Ringkus Putri Miliarder China, yang Benar??

Baca Juga: Miliarder Pendiri Huawei: Ada Politisi Amerika Mau 'Bunuh' Bisnis Kami

Hal yang sama berlau bagi pesawat penjelajah antariksa Israel, Beresheet. Alat itu hampir sampai ke permukaan Bulan, tetapi gagal.

Belum lama ini, Chang'e 5 berhasil mendarat dari Hainan ke Bulan. Alat jelajah angkasa itu terbang ke satelit Bumi menggunakan roket Long March 5.

Jika misi Chang'e 5 berhasil, maka sampel dari Bulan akan berhasil sampai ke Bumi pada pertengahan Desember 2020.

Nah, kalau benar-benar berhasil, China akan sejajar dengan Rusia dan Amerika Serikat (AS) yang sudah lebih dulu berhasil dalam eksplorasi Bulan dengan alat.

Adapun, sampel yang akan Chang'e 5 ambil mencakup 4,4 lbs material Bulan. Alat itu juga mesti menggali sejumlah permukaan Bulan sampai 2 meter.

Asal tahu saja, ada 2018, China telah menggelontorkan 2,5% PDB demi meneliti dan mengembangkan kebutuhan terkait penjelajahan luar angkasa. Di sisi lain, AS menghabiskan 2,8% dari PDB-nya untuk kebutuhan yang sama.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini