Bisnis Tetap Bisa Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19

Bisnis Tetap Bisa Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19 Foto: Kemendag

Wamendag Jerry Sambuaga menilai bahwa selain memberi tekanan pada semua kegiatan ekonomi, pandemi juga memberikan kesempatan bagus bagi pembaharuan bisnis. Wabah Covid-19 menurutnya memberikan jalan bagi review efisiensi dan kreatifitas dalam berusaha. Pernyataan itu diberikan Wamendag tengah pekan lalu di Webinar "Memetakan Peluang Bisnis di masa Pandemi Covid19" yang diselenggarakan STIE Bisnis Indonesia”.

Ada beberapa hal yang dikupas oleh Wamendag berkaitan dengan perdagangan dan bisnis pada masa pandemi ini yaitu munculnya penggunaan teknologi digital secara massif, penataan interaksi sosial yang aman bagi kesehatan dan perubahan pola konsumsi masyarakat. Selain itu pandemi menurutnya juga menguji fleksibilitas dan reliabilitas sebuah bisnis. Baca Juga: Wamendag Jerry Optimis Indonesia Bisa Upgrade Posisi di Rantai Pasokan Dunia

“Pada intinya, ini seperti sebuah review besar terhadap fleksibilitas dan reliabilitas sebuah bisnis, baik dalam konteks mikro maupun makro. Kita direview secara mendasar melalui wabah ini agar kita bis merancang konsep bisnis yang bisa berjalan di konteks apapun,” kata Jerry.

Karena itu menurut Jerry, kreatifitas menjadi kunci. Ia menyebut bahwa teknologi digitasl memberikan jalan lebar bagi munculnya kreatifitas-kreatifitas dalam berbisnis, baik untuk memperbaharui bisnis lama maupun menggarap potensi bisnis baru. Jerry mengatakan bahwa kemendag juga melakukan review, terutama mengenai potensi ekpor baru yang selama ini belum digarap secara optimal yaitu ekspor produk digital dan produk berbasis teknologi.

“Korea Selatan bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari ekspor game online. Indonesia juga punya developer-developer yang kreatif dan luar biasa. Inilah salah satu yang menjadi garapan Kemendag untuk didorong pengembangannya,” tambah Wamendag yang dekat dengan millennial itu.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini