Gaya Hidup Praktis di Era Dompet Digital Terintegrasi | Review DANA

Gaya Hidup Praktis di Era Dompet Digital Terintegrasi | Review DANA Foto: Cahyo Prayogo

Aplikasi dompet digital DANA memberi kemudahan kepada pengguna karena menawarkan layanan multifungsi yang terintegrasi dengan beragam platform guna mendukung gaya hidup praktis masyarakat Indonesia.

Perkembangan teknologi digital memiliki peran besar terhadap peningkatan kualitas layanan keuangan. Saat ini banyak layanan keuangan yang menawarkan berbagai macam kepraktisan, kenyamanan, dan kemudahan kepada pengguna. Inovasi-inovasi teknologi terus bermunculan yang semakin berdampak positif terhadap kualitas layanan.

Salah satu aplikasi yang mencuri perhatian para pengguna teknologi di Indonesia adalah aplikasi dompet digital DANA. Aplikasi yang dibangun dan dikembangkan di Tanah Air ini menjelma sebagai sebuah integrated app (aplikasi terintegrasi) yang menghubungkan banyak layanan dari berbagai macam platform.

Konsep integrated apps agak sedikit berbeda dengan super app yang mengembangkan sendiri berbagai macam layanan berbeda dalam satu aplikasi.

Pada kesempatan kali ini tim redaksi Warta Ekonomi tertarik untuk mengulas layanan dompet digital DANA yang memiliki layanan terintegrasi dengan berbagai merchant dan aplikasi online di Indonesia. Warta Ekonomi akan coba menguji seberapa praktis, nyaman, dan mudah aplikasi ini.

1. Registrasi

Hal pertama yang harus dilakukan pengguna untuk menikmati layanan DANA adalah meng-install aplikasi ini di ponsel berbasis iOS dan Android. Di platform Android aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 29 MB dan telah dipasang lebih dari 10 juta kali. Adapun, di App Store aplikasi ini memiliki ukuran 211.5 MB dengan rating 4,8 dari skala 5.

Setelah proses instalasi, pengguna akan diminta untuk melakukan registrasi dengan cara sebagai berikut

  • Memasukkan nomor telepon Anda lalu klik tombol Lanjut;
  • Memasukan kode OTP yang dikirimkan oleh DANA via SMS ke nomor telepon Anda;
  • Memasukan nama dan foto Anda lalu pilih Daftar;
  • Membuat enam digit PIN untuk keamanan akun DANA.

Sehabis menyelesaikan proses registrasi, pengguna sudah bisa menikmati layanan yang terdapat di aplikasi DANA. Nah, Warta Ekonomi akan mengulas layanan DANA dengan fokus pada empat aspek, yakni aspek perbelanjaan, hiburan, kesehatan, dan investasi.

2. Shopping/Perbelanjaan

Ide dasar layanan dompet digital ialah pengguna tidak perlu lagi membawa uang fisik untuk melakukan aktivitas berbelanja. Jadi, daripada Anda membawa banyak uang tunai di dompet maka lebih baik melakukan top up di aplikasi dompet digital DANA. Nah, saldo Anda di aplikasi DANA bisa digunakan untuk melakukan transaksi baik secara offline dan online.

Saat ini DANA sudah menjalin kerja sama dengan banyak sekali merchant mulai dari toko ritel konvensional hingga situs belanja digital.

Misalnya, Anda ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari di toko ritel Alfamart atau Alfamidi. Karena saat ini sedang pandemi Covid-19 maka alih-alih berbelanja dengan uang tunai sebaiknya Anda melakukan transaksi berbelanja dengan menggunakan DANA guna mengurangi risiko penularan virus corona.

Berikut ini cara berbelanja dengan menggunakan aplikasi DANA di salah satu mitra yakni Alfamart

  • Melakukan top up sekaligus memastikan saldo DANA cukup
  • Memilih barang-barang belanjaan yang Anda butuhkan
  • Menuju kasir yang menyediakan barcode scanner DANA
  • Membuka aplikasi DANA di telepon genggam Anda kemudian pilih menu Bayar
  • Muncul QR Code DANA di telepon Anda
  • Mengarahkan QR Code Anda ke scanner DANA di kasir
  • Pembayaran selesai 

Cara melakukan transaksi tersebut tentu sangat praktis, mudah, dan nyaman bukan? Meski demikian, kepraktisan DANA tidak hanya berhenti pada menggantikan fungsi uang tunai saja, tetapi juga kartu debit dan kredit perbankan.

Anda bisa mengintegrasikan kartu perbankan tersebut ke aplikasi DANA. Dengan demikian, Anda tidak perlu membawa banyak kartu apabila ingin bertransaksi menggunakan fasilitas debit dan kredit.

3. Entertainment/Hiburan

Salah satu aspek layanan yang terdapat di aplikasi DANA ialah terkait entertainment atau hiburan. Di kategori tersebut ada empat fitur utama yang merupakan hasil integrasi dari beberapa mitra yakni Digital Voucher, Games, TIX ID, dan Vidio.

Sama seperti fitur-fitur lainnya, DANA menawarkan kepraktisan, kenyamanan, dan kemudahan kepada pengguna untuk menikmati berbagai layanan hiburan. Misalnya, pengguna bisa dengan mudah dan praktis membeli item game melalui langkah-langkah seperti berikut

  • Mengunjungi situs DANA.id/games melalui browser
  • Memilih game, memasukkan user ID, dan memilih item yang akan dibeli
  • Mengetuk tombol Berikutnya
  • Memasukkan nomor HP dan PIN akun DANA Anda
  • Mengetuk tombol Bayar

4. Kesehatan

Salah satu kategori layanan yang tersedia di aplikasi DANA terkait aspek kesehatan. Kategori ini tentu penting mengingat saat ini pengguna dihadapi dengan pandemi Covid-19. Adapun, aspek kesehatan ini mencakup layanan seperti asuransi dan informasi seputar Covid-19. Di fitur asuransi DANA mengintegrasikan pembayaran DANA Siaga, BPJS Kesehatan, dan asuransi umum.

Bagi Anda peserta mandiri di BPJS Kesehatan maka bisa membayar iuran bulanan secara praktis dan mudah dengan menggunakan fitur Langganan. Cara membayarnya adalah seperti berikut

  • Memilih menu BPJS Kesehatan di aplikasi DANA
  • Memasukkan nomor kartu peserta BPJS Kesehatan di kolom Nomor Pelanggan
  • Mengetuk tombol Bayar
  • Pembayaran Selesai dan Berhasil

Di samping berbagai layanan kesehatan terintegrasi di aplikasi DANA, hal paling penting dari penggunaan aplikasi DANA di berbagai kehidupan sehari-hari adalah karakter cashless. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, karakter cashless DANA memungkinkan pengguna untuk terhindar ancaman dari penyebaran Covid-19 karena setiap transaksi dilakukan tanpa harus melakukan kontak langsung.

5. Investasi

Salah satu penyebab utama seseorang khususnya generasi milenial sulit berinvestasi adalah tidak mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Hal ini berakar pada satu hal sederhana namun fundamental yakni tidak terbiasa mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Nah, dompet digital DANA memungkinkan pengguna untuk mencatat setiap transaksi pengeluaran dan pemasukan. Transaksi tersebut tidak hanya berupa pengeluaran seperti belanja online, namun juga kewajiban membayar tagihan seperti tagihan listrik, air, hingga internet.

Apabila kewajiban bulanan tersebut sudah terpenuhi maka pengguna bisa mulai mengalokasikan dana mereka ke pos investasi. Di DANA ada beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk berinvestasi seperti eMAS.

Salah satu manfaat berinvestasi emas di aplikasi DANA ialah pengguna bisa memantau portofolio investasi Anda secara real-time. Selain itu, pengguna bisa memantau pergerakan terkini harga jual dan beli emas di aplikasi DANA.

Bagi pengguna yang tertarik berinvestasi di eMAS maka perlu melakukan upgrade layanan ke DANA Premium.

6. Simpulan

Di era digital seperti saat ini aplikasi DANA wajib dimiliki masyarakat Indonesia karena sangat mendukung gaya hidup praktis. Apalagi, aplikasi dompet digital ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna dengan berbagai macam fitur unggulan dan platform layanan yang terintegrasi.

Kemudian di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini maka urgensi penggunaan aplikasi dompet digital DANA semakin meningkat karena akan membantu pengguna terhindar dari ancaman Covid-19. 

Warta Ekonomi memberikan rating 9 dari skala 10 terhadap aplikasi dompet digital DANA.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini